Gurky, Khairunnisa Rehmuli (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN E-LEARNING DI SMA NEGERI 1 PADANG TUALANG PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4163311030 COVER.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
2. NIM 4163311030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
3. NIM 4163311030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
4. NIM 4163311030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
5. NIM 4163311030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
6. NIM 4163311030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7. NIM 4163311030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8. NIM 4163311030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. NIM 4163311030 BAB I.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
13. NIM 4163311030 BAB V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14. NIM 4163311030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
Abstract
Tujuan riset ini dilangsungkan yakni untuk: (1) Mendeskripsikan kemandirian belajar peserta didik dengan E- Learning menggunakan SIGUM dan WhatsApp Groupdi kelas XI IPA- 1 SMA Negeri 1 Padang Tualang di masa pandemi COVID-19. (2) Mendeskripsikan kemampuan kognitif peserta didik pada penguasaan materi barisan dan deret di kelas XI IPA- 1SMA Negeri 1 Padang Tualang. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek yang yakni peserta didik kelas XI IPA -1 SMAN 1 Padang Tualang. Dan objek penelitian adalah analisis kemampuan kemandirian belajar matematika siswa dengan e-learning. Metode pengumpulan data: angket, tes, serta wawancara yang dianalisis mengunakan uji validitas dan uji realibilitas. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis mencakup uji normalitas dan linearitas. Selanjutnya, data dilakukan penganalisisan dengan uji korelasi spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa secara E- Learning menggunakan SIGUM dan WhatsApp Group di di kelas XI IPA- 1SMA Negeri 1 Padang Tualang pada masa pandemi COVID-19 memiliki rata-rata sebesar 56%. Hasil penelitian menunjukkan korelasi spearman sebesar 0,920. Yang berarti terdapat hubungan sempurna antara kemandirian dan hasil belajar siswa. Dan R squarenya 0,846, terdapat pengaruh kemandirian hasil belajar mencapai 84,6%, sementara sisa presentasenya yakni 15,4% memiliki kaitan dengan aspek lain yang tidak masuk kajian. Simpulan dari penelitian ini adalah semakin menaiknya kemandirian belajar peserta didik, semakin berpengaruh pula pada peningkatan hasil belajar matematika peserta didik tersebut. Saran bagi guru agar hendaknya selalu memperhatikan dan meningkatkan kemandirian belajar anak didiknya tidak hanya pada saat daring namun juga tatap muka. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan memperhatikan indikator yang menyangkut kemandirian belajar yang dapat memengaruhi hasil belajar, terkhusus pada mata pelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penelitian kuantitatif deskriptif non Eksperimen, Kemampuan Kemandirian Belajar, E-Learning |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 07:08 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 07:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54178 |