Purba, Lilis Anastasia (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ANDROID BERBASIS POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1 NIM 4173111041 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2 NIM 4173111041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
3 NIM 4173111041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
4 NIM 4173111041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5 NIM 4173111041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6 NIM 4173111041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
7 NIM 4173111041 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8 NIM 4173111041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9 NIM 4173111041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
13 NIM 4173111041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
14 NIM 4173111041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
Abstract
Kemampuan visual matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh siswa. Melihat penggunaan media yang kurang maksimal, media pembelajaran dengan memaksimalkan ponsel android dapat memfasilitasi siswa
untuk mengembangkan kemampuan visualnya. Atas dasar tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran berupa aplikasi yang dapat berjalan pada android serta mengetahui proses jawaban siswa setelah menggunakan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari Borg dan Gall. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Swasta Santa Maria Medan dengan jumlah 25 orang. Dari hasil
penelitian diperoleh bahwa (1) kualitas media pembelajaran aplikasi android berbasis powerpoint yang dikembangkan memenuhi kategori valid, praktsi, dan efektif dengan penilaian validitas oleh ahli media sebesar 3,82 (95,5%) atau kategori sangat baik dan oleh ahli materi sebesar 3,87 (96,75%) atau kategori sangat baik, kepraktisan dari respon siswa dengan skor 3,61 (90,25%) atau kategori sangat praktis dan respon guru dengan skor 4 (100%) atau kategori sangat praktis, serta efektif dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal dengan nilai ≥ 75 mencapai 92% siswa dan nilai n-gain skor sebesar 0,62 atau dalam rentang 0,30 ≤ g < 0,70 yang berarti peningkatan kemampuan visual matematis termasuk dalam kategori sedang. (2) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan visual matematis menunjukkan bahwa siswa telah mampu mengidentifikasi masalah, memahami masalah, menggeneralisasikan pola dan menjelaskan yang diperoleh yang berarti siswa telah memenuhi setiap indikator kemampuan visual matematis yakni looking, seeing, imagining, showing and telling. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada guru untuk dapat menggunakan media pembelajaran ini guna membantu dalam mengembangkan kemampuan visual matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran, Kemampuan Visual Matematis, Proses Jawaban Siswa |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 07:02 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 07:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54175 |