Fahira, Randini Dwi (2023) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DAN MEDIA POWTOON PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4193131030 COVER.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
2. NIM 4193131030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
3. NIM 4193131030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM 4193131030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
5. NIM 4193131030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
6. NIM 4193131030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
7. NIM 4193131030 TABLES.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
8. NIM 4193131030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
9. NIM 4193131030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (654kB) | Preview
13. NIM 4193131030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
14. NIM 4193131030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan minat siswa yang diajarkan menggunakan media macromedia flash dan media powtoon pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA yang berjumlah tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Data hasil belajar siswa diambil dengan instrumen tes objektif sebanyak 20 butir soal yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitasnya. Data untuk
mengukur minat yang dimiliki siswa digunakan lembar angket yang diisi oleh observer. Berdasarkan data hasil uji normalitas dan homogenitas pretest, postest, dan minat siswa pada kelas Eksperimen I dan kelas Eksperimen II didapatkan hasil bahwa data pretest, postest, dan minat siswa kedua kelas eksperimen berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji dua pihak Independent Sample T-Test. Untuk uji hipotesis I
diperoleh hasil sig, 0,024 (sig. < 0,05) dan untuk uji hipotesis II diperoleh hasil sig. 0,000 (sig. < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar dan minat siswa yang diajar dengan Media Macromedia Flash
menggunakan model Problem Based Learning dibandingkan hasil belajar dan minat siswa yang diajar dengan Media Powtoon menggunakan model Problem Based Learning pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Macromedia Flash, Media Powtoon, hasil belajar, minat, Larutan elektrolit dan non-elektrolit. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 03:48 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54166 |