Sigalingging, Pimpy Sheila (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SEMESTER II DI SMA BUDI MURNI 3 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4192421011_Cover..pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4192421011_Lembar_Pengesahan..pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4192421011_Abstrak..pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4192421011_Kata_Pengantar..pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4192421011_Daftar_Isi..pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4192421011_Daftar_Gambar..pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4192421011_Daftar_Tabel..pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4192421011_Daftar_Lampiran..pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4192421011_BAB_I..pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4192421011_BAB_V..pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4192421011_Daftar_Pustaka..pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi kelas X semester genap di SMA Budi Murni 3 Medan T.P 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Budi Murni 3 Medan T.P 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang terdiri dari 15 soal yang telah divalidasi oleh validator. Sebelum diberikan perlakuan yang berbeda dilakukan pretes, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 29,33 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 28,67. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data pretes kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh –ttabel < thitung < ttabel (-2,002 < 0,39 < 2,002) maka H0 diterima, artinya kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sama. Setelah selesai dilakukan pembelajaran pada kedua kelas maka dilakukan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,33 dan nilai rata-rata kelas kontrol 65,11. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data postes diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t postes diperoleh bahwa thitung > ttabel (3,57 > 1,671) maka Ha diterima, dimana ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang berarti ada pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi kelas X semester genap di SMA Budi Murni 3 Medan T.P 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Usaha dan Energi |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 03:17 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54159 |