NASUTION, AHMAD KHAMAL (2023) Framing Kepemimpinan Bobby Nasution Sebagai Walikota Medan Di Instagram @Bobbynst. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3183322016 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM. 3183322016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
3. NIM. 3183322016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
4. NIM. 3183322016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. NIM. 3183322016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
6. NIM. 3183322016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
10. NIM. 3183322016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
11. NIM. 3183322016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi framing yang dilakukan Bobby Nasution sebagai Walikota Medan pada akun instagram @bobbynst dan pengaruhnya terhadap public opinion. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual. Adapun informan penelitian yaitu Tim Kreatif Bobby Nasution yang mengelola akun instagram @bobbynst, pengikut dan pengamat yang memberikan komentar di akun instagram @bobbynst. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan Metode Analisis Media Siber
(AMS). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) Strategi Bobby Nasution dalam melakukan framing di media sosial instagram @bobbynst melahirkan citra pemimpin yang dermawan, dekat dengan masyarakat, santun, kratif dan aktif membenahi persoalan secara langsung, serta menggambarkan dirinya sebagai pemimpin yang merangkul semua kelompok tanpa adanya sekat antara perbedaan ekonomi, sosial, budaya dan kelompok agama (2) Implikasi framing media sosial instagram @bobbynst terhadap public opinion dapat dilihat dengan metode Analisis Media Siber (AMS) pada level ruang media, akun instagram @bobbynst merupakan akun berisikan konten informatif. Pada level dokumen media memiliki konten berbentuk foto, video, teks dan ilustrasi. Konten berupa gambar atau video memenuhi unsur-unsur komunikasi visual yaitu pengambaran ilustrasi.
Pada objek media, interaksi dan aktivitas para pengikut ialah memberikan like dan komentar pada postingan akun @bobbynst. Level pengalaman media, para pengikut memiliki alasan mengikuti akun @bobbynst yaitu untuk mendapatkan
informasi lebih seputar Pemko Medan dan pribadi Bobby Nasut ion, serta sebagai media aspirasi bagi masyarakat kota Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Framing; Public Opinion; Instagram Bobby Nasution; Walikota Medan |
Subjects: | J Political Science > JS Local government. Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 03:24 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54112 |