Salzabilla, Puti (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PhET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183321032 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM 4183321032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
3. NIM 4183321032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (547kB) | Preview
4. NIM 4183321032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
5. NIM 4183321032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
9. NIM 4183321032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
13. NIM 4183321032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
14. NIM 4183321032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model problem based learning berbantuan media PhET dan konvensional, mengetahui aktivitas belajar siswa menggunakan model problem based learning berbantuan media PhET serta mengetahui pengaruh pembelajaran problem based learning berbantuan media PhET terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA Semester II yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara class random sampling. Kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model problem based learning berbantuan media PhET dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah soal-soal tes hasil belajar berjumlah 10 soal dalam bentuk pilihan berganda.
Hasil data untuk kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model problem based learning berbantuan media PhET dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional masing-masing diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 34,00 dan 31,43. Rata-rata postest kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing diperoleh 83,14 dan 57,14. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji t_hitung adalah 7,850 sedangkan t_tabel adalah 1,669 pada taraf nyata 0,05 artinya H_a diterima dan H_0 ditolak dimana t_hitung>t_tabel (7,850 > 1,669). Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung sebesar 71,95 tergolong aktif dan mengalami peningkatan setiap pertemuan. Sehingga diperoleh kesimpulan adanya pengaruh model problem based learning berbantuan media PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 FIS 002 |
Keywords: | Problem based learning; Media PhET; Hasil belajar; Aktivitas belajar; Usaha; Energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 08:24 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54096 |