Sipayung, Nadya Chairunisa (2023) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Perilaku Membolos Siswa Kelas XI IPA 2 MAN 2 MODEL MEDAN T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1151151022_COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 1151151022_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
3. NIM. 1151151022_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4. NIM. 1151151022_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
5. NIM. 1151151022_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM. 1151151022_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7. NIM. 1151151022_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 1151151022_BAB I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
12. NIM. 1151151022_BAB V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
13. NIM. 1151151022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: pengaruh layanan bimbingan kelompok metode diskusi terhadap perilaku membolos siswa di kelas XI IPA 2 MAN 2 MODEL MEDAN T.A 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap perilaku membolos siswa di kelas XI IPA 2 MAN 2 MODEL MEDAN T.A
2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu atau quasi experiment dengan desain pre tes dan post test. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 yang terdiri dari 8 orang
siswa menggunakan teknik purposive sampling, instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengetahui perilaku membolos siswa. Instrumen diberikan sebelum
dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Teknik analisis data yang diperoleh menggunakan uji wilcoxon. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai Jhitung = 12, dengan α = 0,05 dan n =
8 sehingga nilai Jtabel adalah 4 . Dengan demikian dinyatakan bahwa Jhitung > Jtabel dimana 17 > 4. Data pre-test sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok diperoleh skor rata-rata 75 masuk kategori tinggi, sedangkan data posttest
setelah pemberian layanan bimbingan kelompok diperoleh skor rata-rata 45
termasuk kategori rendah. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapatkan
layanan bimbingan kelompok teknik diskusi lebih rendah daripada sebelum
mendapatkan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Perubahan penurunan
interval perilaku membolos siswa setelah diberi layanan bimbingan kelompok
teknik diskusi sebesar 25%. Hal ini menunjukkan ada pengaruh layanan
bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap perilaku membolos pada siswa
kelas XI IPA 2 MAN 2 MODEL MEDAN T. A 2021/2022 atau hipotesis
diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bimbingan Kelompok; Teknik Diskusi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 03:48 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54089 |