Afryanti, Nadila (2023) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Management Terhadap Penyalahgunaan Facebook Pada Siswa Kelas VIII-5 SMP Negeri 3 Binjai. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1162151004_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1162151004_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
3. NIM. 1162151004_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4. NIM. 1162151004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
5. NIM. 1162151004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM. 1162151004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
7. NIM. 1162151004_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1162151004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM. 1162151004_BAB I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
13. NIM. 1162151004_BAB V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
14. NIM. 1162151004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik self management terhadap penyalahgunaan facebook pada siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 3 Binjai Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan Pre test - Post test one group design, sampel dalam penelitian ini berjumlah 8 orang siswa kelas VIII-5
yang memiliki skor penyalahgunaan facebook tinggi dengan kategori perilaku
negatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive
sampling. Alat pengumpul data dilakukan dilakukan dengan pemberian kuesioner
(angket) penyalahgunaan facebook. Analisis data uji Wilcoxon untuk melihat
perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian
memperoleh rata-rata pre-test sebesar 107,3 dan rata-rata pos-test sebesar 75,37.
Berdasarkan hasil pre test dan post test maka selisih skor rata-rata 32 artinya
terjadi penurunan penyalahgunaan facebook disekolah sebesar 42%. Dari hasil uji
hipotesis diperoleh Jhitung > Jtabel pada taraf signifikan 5% atau α = 0,05 yakni
10 > 4, sehingga menunjukkan ada perubahan penurunan penyalahgunaan
facebook sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok
teknik self management, sehingga H0 diterima, maka dapat disimpulkan ada
pengaruh yang signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik self
management terhadap penyalahgunaan facebook pada siswa kelas VIII-5 SMP
Negeri 3 Binjai Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bimbingan Kelompok;Self Management;Penyalahgunaan Facebook |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 03:49 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54088 |