PELAWI, MELATI BR (2023) PENGARUH PERSEPSI TENTANG PROFESI GURU DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2018 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 7173141020 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2 NIM 7173141020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (605kB) | Preview
3 NIM 7173141020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4 NIM 7173141020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5 NIM 7173141020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
6 NIM 7173141020 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7 NIM 7173141020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8 NIM 7173141020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9 NIM 7173141020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (560kB) | Preview
13 NIM 7173141020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14 NIM 7173141020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Persepsi Profesi Guru terhadap Minat Menjadi Guru, pengaruh Efikasi Diri terhadap Minat Menjadi Guru, serta Pengaruh Persepsi Profesi Guru dan Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan Fakultas Ekonomi yang beralamat di Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate, Medan, Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 yang berjumlah 101. Sampel penelitian ini berjumlah 81 mahasiswa dengan teknik penentuan sampel yaitu random sampling. Teknik pengumpulan data terdiri dari Observasi dan Angket. Uji validitas digunakan dengan teknik analisis Product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Croanbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji parsia/uji-t, uji simultan/uji-f dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian dari olahan data menggunakan SPSS 22 , diketahui bahwa: (1) persepsi tentang profesi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru mahasiswa dengan nilai thitung > ttabel yaitu (4,601>1,990) dengan nilai sig. 0,000 < 0,05; (2) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru mahasiswa dengan nilai thitung>ttabel yaitu (7,080>1,990) dengan nilai sig. 0,000<0,05; (3) serta secara simultan persepsi profesi guru dan efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru mahasiswa dengan nilai Fhitung>Ftabel (46,629>3,11) dengan nilai sig. 0,000<0,05. Dari hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,545 yang artinya sebesar 54,5% Persepsi tentang Profesi Guru (X1) dan Efikasi Diri (X2) berkontribusi terhadap Minat Menjadi Guru (Y) mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan. sedangkan sisanya yaitu sebesar 45,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. persamaan regresi linear berganda yang dihasilkan ialah Y= 18,860+0,292X1+0,490X2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Persepsi tentang Profesi Guru, Efikasi Diri, Minat Menjadi Guru |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 07:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54072 |