Harahap, Hasna Leli (2022) Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Kecerdasan Emosional Remaja Kelas X IPA 5 MAN 2 Model Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183351006_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1183351006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
3. NIM. 11833510006_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4. NIM. 1183351006_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5. NIM. 1183351006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 1183351006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 1183351006_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1183351006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 1183351006_BAB I.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
13. NIM. 1183351006_BAB V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
14. NIM. 1183351006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena rendahnya kecerdasaan emosional pada siswa kelas X IPA 5 di MAN 2 Model Medan. Permasalahan dikaji dalam penelitian adalah bagaimana tingkat kecerdasaan emosional siswa dapat meningkat melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh kecerdasan emosional melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada siswa kelas X IPA 5 MAN 2 Model Medan tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengandesain one-group
pretest-postest. Subjek yang ditentukan adalah siswa kelas X IPA 5 dan teknik pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan sampling purposive, berdasar teknik tersebut maka ditentukan 8 siswa sebagai konseli. Alat pengumpul
data yang digunakan yaitu skala kecerdasaan emosional, hasil uji validitas instrumen menghasilkan data 37 item valid dari 48 item dan reliabilitas instrument 0.900. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase
dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecerdasaan emosional siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa layanan
bimbingan kelompok dengan teknik role playing mengalami peningkatan rata-rata
sebesar 32,26% dari hasil awal saat pretest sebesar 47,20% menjadi 79,47% saat
postest. Dapat ditarik simpulan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik role
playing terbukti berpengaruh untuk meningkatkan tingkat kecerdasaan emosional
pada siswa kelas X IPA 5 di MAN 2 Model Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bimbingan Kelompok; Role Playing; Kecerdasan Emosional |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 03:50 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54003 |