PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENERAPAN MEDIA SLIDESGO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK NEGERI 1 PATUMBAK TAHUN AJARAN 2022/2023

HABEAHAN, FERNANDO (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENERAPAN MEDIA SLIDESGO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK NEGERI 1 PATUMBAK TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4  NIM 7193344014 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4 NIM 7193344014 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 7193344014 LEMBAR PERSETUJUAN .pdf]
Preview
Text
2 NIM 7193344014 LEMBAR PERSETUJUAN .pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 7193344014 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 NIM 7193344014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 1 NIM 7193344014 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 7193344014 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 7193344014 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3 NIM 7193344014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM 7193344014 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6 NIM 7193344014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM 7193344014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7 NIM 7193344014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM 7193344014 BAB I PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
8 NIM 7193344014 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (767kB) | Preview
[thumbnail of 12 NIM 7193344014 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN .pdf]
Preview
Text
12 NIM 7193344014 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN .pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 13 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
13 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar memahami melalui penerapaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan penggunaan media SlidesGo mampu mempengaruhi hasil belajar peserta didik kelas XI MPLB di SMKN 1 Patumbak. Jenis penelitan Quasi eksperimen adalah pelitian eksperimen
dengan populasi penelitian seluruh di siswa kelas XI MPLB SMK Negeri 1 Patumbak T.A 2022/2023. Melalui penggunaan teknik simple random sampling dan diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen di kelas XI MPLB3 dan kelas
kontrol di kelas XI MPLB4. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, perlakuan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan
penerapan media SlidesGo Materi Penanganan Surat Masuk dan Surat Keluar dokumentasi, dan kuesioner/angket. Validitas instrumen dihitung dengan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan alpha cronbach, taraf kesukaran
dan daya pebeda menggunakan excel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain Score, uji hipotesis, uji simultan dan koefisien determinasi. Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 25 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test kelas kontrol 39,3 dan eksperimen 44,4 dengan post-test kelas eksperimen
82,4 dan kelas kontrol 43,6. Uji N –Gain Skor temuan eksperimen sebesar 63 adalah cukup efektif. Sedangkan dikelompok kontrol 12 intervalnya < 40 adalah tidak efektif. uji hipotesis hasil test siswa didapatkan thitung sebesar 11,689 serta ttabel sebesar 1.666. Oleh sebabnya thitung > ttabel =11,689 > 1.666 yang berarti Ho ditolak serta Ha diterima yang menandakan bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) (X1) dengan penerapan media SlidesGo (X2) dalam kurikulum merdeka pada hasil belajar (Y) peserta didik untuk bidang studi kearsipan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Problem Based, Media Pembelajaran SlidesGo, Hasil belajar.
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:43
Last Modified: 26 Jan 2024 08:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53983

Actions (login required)

View Item
View Item