MANIK, SEPTI INDAH SARI BR (2023) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELEKTUAL) DAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTK KEPEGAWAIAN KELAS XI SMKS ROKITA SARI 2 BANGUN PURBA T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7191144001 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 7191144001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
3. NIM. 7191144001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM. 7191144001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
5. NIM. 7191144001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
6. NIM. 7191144001 TABLES.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7. NIM. 7191144001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
8. NIM. 7191144001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
12. NIM. 7191144001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
13. NIM. 7191144001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh kolaborasi model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) dan Talking Stick pada hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran OTK Kepegawaian di kelas XI SMKS Rokita Sari 2 Bangun Purba pada tahun ajaran 2022/2023.
Riset ini menggunakan metode eksperimen dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran terhadap kelompok sampel. Populasi riset ini yaitu siswa kelas XI OTKP pada SMKS Rokita Sari 2 Bangun Purba, yang terdiri dari 25 orang peserta didik dalam satu kelas. Teknik pengambilan sampel yang dimanfaatkan adalah Non Probability Sampling, di mana semua anggota populasi dijadikan sampel. Kelas XI (Kontrol dan Eksperimen) menerapkan kolaborasi model pembelajaran SAVI dan Talking Stick. Sebelum dilakukan tes, dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi perhitungan rata-rata (mean), standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test kelas kontrol dan eksperimen sebesar 32, sedangkan nilai post-test sebesar 78,6 dengan standar deviasi masing-masing 10,10 dan 7,15. Berdasarkan uji t, diperoleh t_hitung sebesar 5,991 yang lebih besar daripada t_tabel sebesar 1,675. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kolaborasi model pembelajaran SAVI dan Talking Stick memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran OTK Kepegawaian kelas XI di SMKS Rokita Sari 2 Bangun Purba pada tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kolaborasi Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) dan Talking Stick, Hasil Belajar OTK Kepegawaian |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 08:22 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53976 |