VALENTINA, YAYANG CHRISTY (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PATUMBAK TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7183144026 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 7183144026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (692kB) | Preview
3. NIM 7183144026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. NIM 7183144026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
5. NIM 7183144026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
6. NIM 7183144026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 7183144026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 7183144026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 7183144026 BAB 1.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
13. NIM 7183144026 BAB 5.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
15. NIM 7183144026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah minat belajar siswa kelas XI pada mara pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran bagian Sarana dan Prasarana SMK Negeri 1 Patumbak Tahun Ajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan pemberian Motivasi Belajar terhadap Minat Belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran bagian Sarana dan Prasarana di SMK Negeri 1 Patumbak Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI OTKP 1 dan 2 SMK Negeri 1 Patumbak yang berjumlah 60 orang dan dengan menggunakan probably sampling dengan simple random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dari populasi karena populasi dianggap homogen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis asumsi klasik yaitu uji normalitas dan untuk uji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji t (parsial) dan uji f (simultan) serta koefisien determinasi (R2). Berdasarkan uji F (simultan) diperoleh bahwa Fhitung sebesar 16.790 sedangkan ftabel adalah 3,14 (16.790 > 3,14). Nilai Sig sebesar 0,000 jika dibandingkan dengan taraf signifikan α sebesar 0,05. Maka hipotesis ketiga diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Metode Pembelajaran Menyenangkan (X1) dan Motivasi Belajar (X2) Terhadap Minat Belajar Siswa (Y). Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0.344 atau 34,4%. Hal ini menunjukkan kontribusi variable bebas terhadap variable terikat adalah sebesar 34,3% dan sisanya dipengaruhi oleh factor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Project Based Learning, Motivasi Belajar, Minat Belajar. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 03:29 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53928 |