LUBIS, MUHAMMAD RIFQY (2023) PENGEMBANGAN E-MODULE DENGAN MENGGUNAKAN PLATFORM CANVA BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATA KULIAH EKONOMETRIKA PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7171141016 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. NIM. 7171141016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (794kB) | Preview
3. NIM. 7171141016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM. 7171141016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
5. NIM. 7171141016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 7171141016 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 7171141016 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 7171141016 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 7171141016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (752kB) | Preview
13. NIM. 7171141016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
14. NIM. 7171141016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah masih belum banyak-nya tersedia e-module yang dibutuhkan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kelayakan, kepraktiksan, dan keefektifan Pengembangan E-Module Dengan Menggunakan Platform Canva Berbasis Problem Solving Pada Mata Kuliah Ekonometrika Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa prodi pendidikan ekonomi stambuk 2020 dengan jumlah mahasiswa 54 orang. Uji kelayakan e-module ini dilakukan melalui ketiga validator ahli yakni: ahli materi, ahli media, dan ahli desain. Uji kepraktisan e-module dilakukan melalui penyebaran angket kepada dosen mata kuliah ekonometrika. Uji keefektifan e-module ini dilakukan melalui penyebaran angket terhadap kelompok besar yaitu kepada 54 responden mahasiswa.
Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Research Development, dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki tahapan yakni: Analisis (analyze), Pengembangan (develop), Desain (design), Implementasi (implement), dan Evaluasi (evaluate).
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa: (1) e-modul ini Platform Canva Berbasis Problem Solving ini layak digunakan hal ini dapat dilihat dari hasil validasi dari ketiga validasi yang menunjukkan nilai ; (2) e-modul Platform Canva Berbasis Problem Solving ini praktis digunakan hal ini dapat dilihat dari hasil angket oleh dosen mata kuliah ekonometrika yang menunjukkan nilai ; (3) e-modul Platform Canva Berbasis Problem Solving ini dinyatakan praktis yang diketahui dari hasil angket kelompok besar oleh mahasiswa yang menunjukkan nilai sebesar , juga mendapatkan nilai dari hasil validasi E-modul Ekonometrika ini dinyatakan layak dan juga menunjukkan hasil dinyatakan praktis digunakan oleh dosen pengampu mata kuliah Ekonometrika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-Modul, Problem Solving, Platform Canva. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 04:12 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53910 |