PRAYUDY, GUSTI (2023) ANALISIS SOAL UAS BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) MATA PELAJARAN EKONOMI SMAS KESUMA BANGSA LONDUT TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 7181141001 COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
2. 7181141001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. 7181141001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
4. 7181141001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
5. 7181141001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
6. 7181141001 TABLES.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
7. 7181141001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
8. 7181141001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
9. 7181141001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. 7181141001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
14. 7181141001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengkategorian tingkatan kognitif dan mengetahui berapa persen soal UAS mata pelajaran ekonomi yang memuat High Order Thinking Skill (HOTS), serta kendala yang dialami guru dalam penyusunan dan pembuatan soal UAS mata pelajaran ekonomi kelas X dan XI tahun ajaran 2021/2022 di SMAS Kesuma Bangsa Londut berbasis High Order Thinking Skill (HOTS).
Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah soal-soal ujian akhir semester genap mata pelajaran Ekonomi kelas X dan XI SMAS Kesuma Bangsa Londut tahun ajaran 2021/2022. Sumber data berasal dari guru mata pelajaran Ekonomi sebanyak 10 soal essay setiap tingkatan kelas. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah penulis mengamati soal satu persatu lalu data yang diperoleh dalam dokumen dianalisis dan dikelompokkan sesuai dengan dengan ranah kognitif C1–C6 dan terakhir mengategorikannya ke dalam kelompok C4-C6 yang termasuk High Order Thinking Skill (HOTS). Adapun teknik analisis data menggunakan Milles dan Huberman yang dimana yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Berdasarkan data penelitian yang sudah di analisis bahwa dari 10 soal essai pada kelas X semester genap terdapat 30% kategori Low Order Thinking Skill (LOTS), 30% kategori Middle Order Thinking Skill (MOTS), dan 40% kategori High Order Thinking Skill (HOTS). Adapun pada kelas XI semester genap terdapat 0% kategori Low Order Thinking Skill (LOTS), 60% kategori Middle Order Thinking Skill (MOTS), dan 40% kategori High Order Thinking Skill (HOTS). Adanya kendala yang dialami Guru mata pelajaran Ekonomi, baik yang muncul dari personal maupun dari hal lain yang memiliki kaitan dalam penyusunan soal berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi atau High Order Thinking Skill (HOTS). Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa perlu adanya sinergitas dan keselarasan yang baik antara guru dengan sekolah dan pihak lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Analisis Soal, High Order Thingking Skill, Ranah Kognitif. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 02:25 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 02:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53896 |