BERUTU, ROSLIANA (2023) PENGARUH STRES AKADEMIK DAN MINAT BELAJAR TERHADAPHASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS X DI SMK NEGERI 1 PATUMBAK. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7181142017 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 7181142017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
3. NIM. 7181142017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
4. NIM. 7181142017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5. NIM. 7181142017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
6. NIM. 7181142017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM. 7181142017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
11. NIM. 7181142017 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
12. NIM. 7181142017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar akuntansi siswa yang kurang optimal di kelas X SMK Negeri 1 Patumbak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh stres Akademik dan minat belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negei 1 Patumbak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Akuntansi SMK Negeri Patumbak yang berjumlah 107 siswa dan sampel sebanyak 84 siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengambilan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch.Kemudian data setiap variabel yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 25.
Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 120,74 + 0,663X1 + 0,864X2.Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara stres akademik terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar 2.396 > 1,989 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Minat belajar juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar2.335 >1,989 ttabel dengan nilai signifikan 0,002<0,05.Dengan besarnya pengaruh kedua variabelbebas tersebut adalah 60% sedangkan sisanya 40% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Stres Akademik, Minat Belajar, Hasil Belajar Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 01:38 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 01:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53887 |