ARUAN, PAULINA ERNITA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 PATUMBAK T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1 NIM. 7183342025 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2 NIM. 7183342025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
3 NIM. 7183342025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
4 NIM. 7183342025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5 NIM. 7183342025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
6 NIM. 7183342025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7 NIM. 7183342025 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8 NIM. 7183342025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9 NIM. 7183342025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
13 NIM. 7183342025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14 NIM. 7183342025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi melalui penerapan model pemebelajaran Think Pair Share siswa kelas XI AK 2 SMK Negeri 1 Patumbak tahun pembelajaran 2022/2023. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Patumbak. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK 2 SMK Negeri 1 Patumbak tahun pembelajaran 2022/2023 yang berjumlah 36 siswa. Jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana masing-masinng siklus terdiri dari perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Dari hasil analisis data aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 11 siswa (30,5%) yang masuk kedalam kategori sangat aktif dan aktif. Pada siklus II siswa yang masuk kedalam kategori sangat aktif dan aktif meningkat menjadi 33 siswa (91,6%) dengan demikian hipotesis I diterima. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilali rata-rata dari pre test (50,5%) dengan siswa yang tuntas 6 siswa (16,7%) dan post test I dengan nilai rata-rata (68,8%) dengan siswa yang tuntas 17 siswa (47,2%) dam meningkat pada post test II dengan nilai rata-rata (90%) dengan siswa yang tuntas sebanyak 34 siswa (94,4%) dengan demikian hipotesis II diterima. Berdasarkan anaslisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Kelas XI di SMK Negeri 1 Patumbak Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Think Pair Share, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Akuntansi. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 01:32 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 01:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53886 |