HASIBUAN, NURMAYANG SARI (2023) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7181142002 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 7181142002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (564kB) | Preview
3. NIM. 7181142002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
4. NIM. 7181142002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
5. NIM. 7181142002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
6. NIM. 7181142002 TABLES.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
7. NIM. 7181142002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM. 7181142002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 7181142002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (743kB) | Preview
13. NIM. 7181142002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
14. NIM. 7181142002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (705kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat motivasi belajar peserta didik di jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Medan, dikarenakan belum optimalnya pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru dan kurangnya interaksi
teman sebaya yang terjalin diantara peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan interaksi teman sebaya terhadap motivasi belajar peserta didik di jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Medan.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Medan yang berjumlah 411 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling, jumlah sampel sebanyak 130 orang. Data dianalisis dengan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuesioner. Data yang didapatkan dianalisis melalui uji PLS Algoritma, koefisien jalur dan pengujian hipotesis menggunakan Uji-t. Hasil analisis yang diperoleh dari rata – rata varians direfleksikan diatas 0,5 dan indikator outer loadings lebih tinggi dari 0,70. Dari data perhitungan, untuk hipotesis pengelolaan kelas berpengaruh terhadap motivasi belajar, diperoleh PValue sebesar 0,000 < 0,005 yang berarti hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Pada hipotesis interaksi teman sebaya berpengaruh terhadap motivasi belajar, diperoleh P-Value sebesar 0,000 < 0,005 yang berarti hipotesis diterima.
Maka dapat disimpulkan interaksi teman sebaya berpengaruh terhadap motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengelolaan Kelas, Interaksi Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Partial Least Square (PLS). |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 01:27 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 01:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53885 |