RAMADHANI, LISNA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUAL) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTK HUMAS DAN KEPROTOKOLAN DI SMK N 1 MEDAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7182144011 COVER.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
2. NIM 7182144011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
3. NIM 7182144011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
4. NIM 7182144011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
5. NIM 7182144011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
6. NIM 7182144011 TABLES.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
7. NIM 7182144011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
8. NIM 7182144011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
9. NIM 7182144011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
13. NIM 7182144011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
14. NIM 7182144011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatik, Auditori, Visualisasi, Intelektual) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Humas dan Protokol OTK kelas XII OTKP SMK N 1 Medan. Metode penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 135 orang dengan sampel sebanyak 69 orang yang terdiri dari kelas XII OTKP 3 sebagai kelas eksperimen dan XII OTKP 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes prestasi belajar Humas dan Protokol OTK berupa pre-test dan post-test berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal dan angket motivasi belajar sebanyak 20 soal. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen sebesar 64,857 dan nilai rata-rata post-test sebesar 92,286. Sedangkan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol sebesar 58,971 dan nilai rata-rata post-test sebesar 86,176. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji parsial (uji t) dan uji faktorial 2x2 (uji F). Dari data perhitungan hipotesis (uji t) diketahui bahwa model pembelajaran SAVI (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa (Y) yang dibuktikan dengan thitung > ttabel (6,616 > 1,667) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 . Dan motivasi belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa (Y) yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (2,464 > 1,667) dan nilai signifikansi 0,019 > 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji F) diketahui nilai Fhitung > Ftabel (40,281 > 1,767), dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualisasi, dan Intelektual) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Humas dan Protokol OTK Kelas XII OTKP di SMK N 1 Medan TA 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | SAVI Model ( Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual), Learning Motivation, Learning Outcomes |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 07:45 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 01:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53875 |