NABILA, CUT FARAH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRAMBLE DAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI UMUM SMKN 1 KOTA LANGSA T.P 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7162144001 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM. 7162144001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
3. NIM. 7162144001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 7162144001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
5. NIM. 7162144001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
6. NIM. 7162144001 TABLES.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7. NIM. 7162144001 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8. NIM. 7162144001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 7162144001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
13. NIM. 7162144001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
14. NIM. 7162144001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan di SMK Negeri 1 Kota Langsa ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan mengetahui perbedaan model pembelajaran Kooperatif Scramble dan Cooperative Script terhadap hasil belajar.Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-OTKP di SMK Negeri 1 Kota Langsa TP. 2021/2022 yang berjumlah 90 or orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel total berupa sampel yang diambil dari dua kelas yaitu kelas X-OTKP 2 dan kelas X-OTKP 3 sebanyak 60 orang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda, yaitu untuk soal pre-test dan post-test sebanyak 30 soal. Sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini diuji cobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t.Dari hasil analisis data kelas eksperimen I nilai rata-rata pre-test dan post- tes yaitu 44,09 dan 85,15. Sedangkan pada kelas eksperimen II nilai rata-rata pre- test dan post-tes yaitu 39,83 dan 80,48. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang di lakukan di peroleh thitung = 2,818 dan ttabel 2,0002. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat di simpulkan thitung > ttabel yaitu 2,818 > 2,0002. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat di tentukan bahwa, jika thitung > ttabel maka hipotesis di terima. Dapat di simpulkan hasil belajar Administrasi Umum yang di ajar dengan model Kooperatif Scramble lebih tinggi secara signifikan di banding hasil belajar Administrasi Umum yang di ajar dengan menggunakan model Cooperative Script pada siswa kelas X-OTKP di SMK Negeri 1 Kota Langsa TP. 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran Kooperatif Scramble, Model Pembelajaran Cooperative Script, dan Hasil Belajar Administrasi Umum. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 07:38 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 01:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53874 |