EVISA, ADELIA (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN APLIKASI SIGIL DENGAN MODEL 4D PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK SWASTA PABA BINJAI T.P 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7161144001 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 7161144001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (547kB) | Preview
3. NIM. 7161144001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4. NIM. 7161144001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
5. NIM. 7161144001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 7161144001 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7161144001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7161144001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 7161144001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
13. NIM. 7161144001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14.NIM. 7161144001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa bahan ajar Modul Elektronik Kearsipan pada materi “konsep dasar arsip dan kearsipan” dengan menggunakan Model pengembangan 4D (Pendefinisian, Perancangan dan Pengembangan) yang tervalidasi ahli dan juga melihat respon siswa terhadap bahan ajar e-modul dengan menggunakan aplikasi sigil. Subjek uji coba yang diambil adalah siswa kelas X SMK Swasta PABA Binjai yang berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah pengembangan e-modul pembelajaran pada materi “konsep dasar arsip dan kearsipan”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Pendefinisian, Perancangan dan Pengembangan) dari Thiagarajan. Hasil penelitian e-modul kearsipan menurut ahli materi menunjukkan bahwa e-modul kearsipan yang dikembangkan memiliki kriteria baik dengan skor 80,67%. Sedangkan menurut ahli media menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memiliki kriteria baik dengan skor 82,13%. Menurut ahli desain pembelajaran e-modul menunjukkan skor 82,23% dengan kritera baik. Sedangkan respon siswa memiliki perolehan skor 84,14% dengan kriteria baik. Dengan demikian, e-modul termasuk dalam kriteria baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran kearsipan kelas X SMK/MAK.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Modul Elektronik Kearsipan, Aplikasi Sigil, Model Pengembangan 4-D (four-D) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 07:30 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 01:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53873 |