Togatorop, Melkys (2023) Peran Keaktifan Berorganisasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Panti Budaya Kisaran Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3183111024 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 3183111024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (658kB) | Preview
3. NIM. 3183111024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4. NIM. 3183111024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
5. NIM. 3183111024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6. NIM. 3183111024 TABLE.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
7. NIM. 3183111024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM. 3183111024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
9. NIM. 3183111024 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
13. NIM. 3183111024 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
14. NIM. 3183111024 BLIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran keaktifan berorganisasi terhadap hasil belajar siswa di SMA panti budaya kisaran tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Panti Budaya yang berlokasi di Jalan Durian No. 24, Kecamatan Kota Kisaran Timur, Kabupaten Asahan. Adapun dengan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. metode ini bertujuan untuk membuat gambaran dan deskriptif tentang keadaan secara objektif yang menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut serta penampilan dan hasilnya. Populasi yang diambil adalah siswa kelas X dan XI yang berjumlah 202 siswa dan sampel yang diambil oleh peneliti adalah seluruh pengurus OSIS disetiap kelas yang berjumlah sebanyak 25 siswa dan adapun informan dalam penelitian ini adalah Siswa beserta Tenaga Pendidik yang berada di SMA Panti Budaya Kisaran. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data adalah menggunakan penyebaran angket, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dalam berorganisasi sangat berperan aktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Panti Budaya Kisaran. Bagi siswa yang ikut serta aktif dalam organisasi OSIS mereka dapat mengembangkan rasa percaya diri mereka, meningkatkan rasa disiplin mereka terhadap waktu, membantu siswa untuk rasa tanggung jawab dan meningkatkan hasil belajar siswa. Pengaruh keaktifan siswa dalam kepengurusan OSIS terhadap hasil belajar sebesar 57,9% dan 42,1% merupakan faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar yang pengaruhnya tergolong baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Peran Keaktifan Berorganisasi; Hasil Belajar dan Siswa; |
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 01:38 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 01:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53825 |