Sinurat, Bastian Sinurat (2022) Pengaruh Penggunaan Media Komik Dalam Mata Pelajaran PPKn Terhadap Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Medan, Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3183311026 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 3183311026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (795kB) | Preview
3. NIM. 3183311026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4. NIM. 3183311026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
5. NIM. 3183311026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 3183311026 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 3183311026 BAGAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM. 3183311026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM. 3183311026 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (604kB) | Preview
13. NIM. 3183311026 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
14. NIM. 3183311026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik terhadap aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 4 Medan. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 4 Medan yang berlokasi di Jalan Jati, kelurahan teladan timur, kota Medan. Adapun jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu jenis penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional. Dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian kuantitatif memiliki dua variabel yaitu x (media komik) dan y (aktivitas belajar siswa). Yang menjadi populasi dalam penelitian
adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 343 siswa dan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-10 yang berjumlah 29 siswa dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah Observasi, Angket dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif statistik dengan perhitungan product moment. Hasil penelitian menunjukan tingginya pengaruh media komik dalam mata pelajaran PPKn terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa di SMP Negeri 4 Medan yaitu sebesar 42,25%. Hal ini dibuktikan dengan rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,65>0,367 sehingga koefisien variabel X dan variabel Y signifikan, dimana rtabel pada n=29 pada taraf 5% adalah 0,367. Hasil penelitian dengan menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 4,447 dan ttabel 2,045 pada taraf signifikan 5% derajat kebebasan (dk) =n-
2(29-2=27), sehingga thitung>ttabel (4,447>2,045). Hal ini membuktikan hipotesis alternatif (Ha) dapat terima, yang membuktikan adanya pengaruh media komik dalam mata pelajaran PPKn terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa di SMP
Negeri 4 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media komik; aktivitas belajar; pembelajaran PPKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 08:53 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53812 |