Siregar, Vinny Zannatil Wanzi Pradara (2023) Pengaruh Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 11 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 3183321003 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2 NIM 3183321003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3 NIM 3183321003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4 NIM 3183321003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5 NIM 3183321003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6 NIM 3183321003 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7 NIM 3183321003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 NIM 3183321003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9 NIM 3183321003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
14 NIM 3183321003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
13 NIM 3183321003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat adanya pengaruh dari model Role Playing terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata Pelajaran Sejara di SMA Negeri 11 Medan. Dan Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah
penelitian eksperimen serta jenis dari penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain non equivalen control group design dan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Selain itu juga terdapat
teknik analisis data, dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, homogentas dan uji t. Hasil yang didapatkan dari penelitian
ini menunjukkan bahwasanya data pre-test pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol berdistribusi normal dan juga homogen, dengan rata-rata dari skor posttest kelas eksperimen lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol, yaitu nilai rata-rata posttest dari kelas eksperimen sebesar 74,76 sedangkan nilai ratarata
posttest dari kelas kontrol sebesar 47,76. Dan hasil dari uji-t menunjukkan bahwasanya skor nilai t hitung (7,94) > t tabel (1,68) sehingga hasil belajar siswa menggunakan model Role Playing lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwasanya model pembelajaran Role Playing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran terkhusus pada mata pelajaran Sejarah. Dan dalam pelaksanaan model pembelaran Role playing ini dibutuhkan juga ketelitian serta dapat manajemen waktu dengan baik dikarenakan model pembelajaran ini cukup banyak memakan waktu dalam pelaksanaannya oleh sebab itu harus disiapkan dengan matang sebelum menggunakan model pembelajaran role playing ini agar pelaksanaan
dalam penggunaan model pembelajaran role playing dapat berjalan dengan baik dan juga mendapatkan hasil yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh Role Playing; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 08:40 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53802 |