PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONDISI FISIK WILAYAH INDONESIA DI KELAS VIII SMP ALI IMRON MEDAN T.A 2015/2016

Silaban, Rosinta (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONDISI FISIK WILAYAH INDONESIA DI KELAS VIII SMP ALI IMRON MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3102131021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3102131021 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3102131021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3102131021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3102131021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3102131021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3102131021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3102131021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3102131021 AUTHENTIC POST.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3102131021 AUTHENTIC POST.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3102131021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3102131021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3102131021 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3102131021 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 3102131021 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 3102131021 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 3102131021 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 3102131021 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 3102131021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 3102131021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 3102131021 CHAPTER VI.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 3102131021 CHAPTER VI.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 16. NIM. 3102131021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
16. NIM. 3102131021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe giving question and getting answer pada materi kondisi fisik wilayah Indonesia di kelas VIII SMP Ali Imron Medan T.A 2015/2016, dan (2) peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajar kooperatif tipe giving question and getting answer pada materi kondisi fisik wilayah Indonesia di kelas VIII SMP Ali Imron Medan T.A 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas VIII SMP Ali Imron Medan T.A 2015/2016. Subjek dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Ali Imron Medan dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data yakni teknik komunikasi tidak langsung dan lembar observasi. Teknik analisis data adalah teknik deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe giving question and getting answer pada materi kondisi fisik wilayah Indonesia dapat meningkatkan dengan rata-rata 16,99% (70,67% pada siklus I menjadi 87,66% pada siklus II). (2) hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe giving question and getting answer pada materi kondisi fisik wilayah Indonesia juga meningkat sebesar 28% (60% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 GEO 050
Keywords: PTK; Tes Kompetensi; Wilayah Indonesia
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 May 2016 01:37
Last Modified: 24 May 2016 01:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5380

Actions (login required)

View Item
View Item