Silaban, Rosinta (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONDISI FISIK WILAYAH INDONESIA DI KELAS VIII SMP ALI IMRON MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3102131021 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM. 3102131021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
5. NIM. 3102131021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
3. NIM. 3102131021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM. 3102131021 AUTHENTIC POST.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
6. NIM. 3102131021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM. 3102131021 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 3102131021 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
9. NIM. 3102131021 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
10. NIM. 3102131021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
15. NIM. 3102131021 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
16. NIM. 3102131021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe giving question and getting answer pada materi kondisi fisik wilayah Indonesia di kelas VIII SMP Ali Imron Medan T.A 2015/2016, dan (2) peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajar kooperatif tipe giving question and getting answer pada materi kondisi fisik wilayah Indonesia di kelas VIII SMP Ali Imron Medan T.A 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas VIII SMP Ali Imron Medan T.A 2015/2016. Subjek dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Ali Imron Medan dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data yakni teknik komunikasi tidak langsung dan lembar observasi. Teknik analisis data adalah teknik deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe giving question and getting answer pada materi kondisi fisik wilayah Indonesia dapat meningkatkan dengan rata-rata 16,99% (70,67% pada siklus I menjadi 87,66% pada siklus II). (2) hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe giving question and getting answer pada materi kondisi fisik wilayah Indonesia juga meningkat sebesar 28% (60% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 GEO 050 |
Keywords: | PTK; Tes Kompetensi; Wilayah Indonesia |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 May 2016 01:37 |
Last Modified: | 24 May 2016 01:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5380 |