Pane, Bersama Indah S (2022) HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 DOLOKSANGGUL TA.2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3172121002 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 3172121002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
3. NIM. 3172121002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4. NIM. 3172121002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 3172121002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
6. NIM. 3172121002 TABLES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM. 3172121002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM. 3172121002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
9. NIM. 3172121002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
13. NIM. 3172121002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
14. NIM. 3172121002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) menciptakan banyak kemajuan diberbagai bidang salah satunya pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu bidang yang harus terus dikembangkan untuk bangsa Indonesia, dikarenakan pendidikan adalah media dalam menggapai harapan bangsa Indonesia. Fasilitas belajar akan mempengaruhi hasil belajar, untuk memperoleh proses pembelajaran yang efektif terhadap siswa maka diperlukan suatu media pembelajaran yang inovatif yaitu dengan menggunakan labolatorium computer yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Doloksanggul yang secara faktual respon dan hasil belajar siswa rendah karena menggunakan media konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Hubungan penggunaan fasililitas belajar khususnya labolatorium computer Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Doloksanggul Tahun Ajaran 2020/2021. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen yaitu Pretest-Posttest Equivalent Group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 2 Doloksanggul dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas Kontrol dan XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes objektif pilihan berganda dimana akan dilakukan pre test untuk melihat kemampuan awal siswa dan post test untuk melihat kemampuan akhir siswa. Hasil penelitian ini menunjukan hasil nilai signifikansi ݐ௧௨> ݐ௧ yaitu 11, 959 > 1,6720 yakni menunjukan hipotesis nol (ܪሻ ditolak dan ሺܪሻ diterima, hal ini menunjukan bahwa adanya perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan akibat penggunaan fasilitas belajar dalam pembelajaran sejarah di kelas XI di SMA Negeri 2 Doloksanggul.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2023-SJRH-005 |
Keywords: | asilitas belajar; Lab; Computer; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 01:44 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 01:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53786 |