HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 DOLOKSANGGUL TA.2020/2021.

Pane, Bersama Indah S (2022) HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 DOLOKSANGGUL TA.2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3172121002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3172121002 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3172121002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3172121002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3172121002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3172121002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3172121002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3172121002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3172121002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3172121002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3172121002 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3172121002 TABLES.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3172121002 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3172121002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 3172121002 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 3172121002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 3172121002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 3172121002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 3172121002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 3172121002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 3172121002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 3172121002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) menciptakan banyak kemajuan diberbagai bidang salah satunya pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu bidang yang harus terus dikembangkan untuk bangsa Indonesia, dikarenakan pendidikan adalah media dalam menggapai harapan bangsa Indonesia. Fasilitas belajar akan mempengaruhi hasil belajar, untuk memperoleh proses pembelajaran yang efektif terhadap siswa maka diperlukan suatu media pembelajaran yang inovatif yaitu dengan menggunakan labolatorium computer yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Doloksanggul yang secara faktual respon dan hasil belajar siswa rendah karena menggunakan media konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Hubungan penggunaan fasililitas belajar khususnya labolatorium computer Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Doloksanggul Tahun Ajaran 2020/2021. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen yaitu Pretest-Posttest Equivalent Group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 2 Doloksanggul dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas Kontrol dan XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes objektif pilihan berganda dimana akan dilakukan pre test untuk melihat kemampuan awal siswa dan post test untuk melihat kemampuan akhir siswa. Hasil penelitian ini menunjukan hasil nilai signifikansi ݐ௜௛௧௨௡௚> ݐ௧௔௕௘௟ yaitu 11, 959 > 1,6720 yakni menunjukan hipotesis nol (ܪ଴ሻ ditolak dan ሺܪ௔ሻ diterima, hal ini menunjukan bahwa adanya perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan akibat penggunaan fasilitas belajar dalam pembelajaran sejarah di kelas XI di SMA Negeri 2 Doloksanggul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2023-SJRH-005
Keywords: asilitas belajar; Lab; Computer; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:44
Last Modified: 20 Mar 2024 01:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53786

Actions (login required)

View Item
View Item