Situmorang, Lundu (2022) Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas X IS SMA Swasta Teladan Pematangsiantar Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3153331011 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM. 3153331011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
3. NIM. 3153331011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4. NIM. 3153331011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
5. NIM. 3153331011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
6. NIM. 3153331011 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7. NIM.3153331011 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 3153331011 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 3153331011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
14 . NIM. 3153331011 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
15. NIM. 3153331011 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui bagaimana disiplin belajar siswa dalam pembelajaran saat mata pelajaran geografi di SMA Swasta Teladan Pematangsiantar tahun pembelajaran 2021/2022 dan (2) mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran pada mata pelajaran geografi di kelas X IS SMA Swasta Teladan Pematangsiantar tahun pembelajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IS SMA Swasta Teladan Pematangsiantar terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 92 orang. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi siswa SMA Swasta Teladan Pematangsiantar Semester Genap di kelas X IS Tahun Pelajaran 2021/2022, maka terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yakni normalitas data. Uji linieritas dimaksudkan adalah apakah regresi antara X dan Y membentuk garis linear atau tidak. Uji ini ditentukan untuk mengetahui apakah masing-masing variabel bebas sebagai prediktor mempunyai pengaruh linear atau tidak dengan variabel terikat. Untuk menyederhanakan proses data digunakan aplikasi software SPSS 23.Untuk menguji hipotesis apakah ada pengaruh disiplin belajar dalam pembelajaran Geografi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas X SMA Swasta Teladan Pematangsiantar Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil uji normalitas One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test, diketahui besarnya nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,084. Ini berarti nilai sig = 0,084 > 0,05. Dengan demikian penelitian ini berdistribusi normal. Hasil penelitian dari uji statistik serta pembahasan, maka didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X IS SMA Swasta Teladan Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2021/2022, diperoleh nilai thitung > ttabel (2.725 > 1,662) dan (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X IS SMA Swasta Teladan Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2021/2022, diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (9,787 > 3,10) dan persentase sumbangan pengaruh variabel penggunaan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap variabel terikat hasil belajar siswa geografi sebesar 18%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2023-GEO-012 |
Keywords: | Hasil Belajar; Disiplin; Evaluasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 07:28 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 07:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53765 |