Siswoyo, Tirta (2022) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling Terhadap Resiliensi Siswa Dalam Menghadapi Ujian Akhir Semester di Kelas VIII SMPN 1 Aek Kuo Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 1183351023 COVER.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
2. 1183351023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
3. 1183351023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
4. 1183351023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
5. 1183351023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
6. 1183351023 TABLES.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
7. 1183351023 CHART.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
8. 1183351023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
9. 1183351023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
13. 1183351023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
14. 1183351023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling terhadap resiliensi siswa dalam menghadapi ujian akhir semester di SMP Negeri 1 Aek Kuo Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 siswa kelas VIII, 6 siswa yang memiliki resiliensi dalam menghadapi ujian rendah, 1 siswa yang memiliki resiliensi dalam menghadapi ujian sedang, dan 1 siswa yang memiliki resiliensi dalam menghadapi ujian tinggi. Data penelitian dikumpulkan dengan skala resiliensi dalam menghadapi ujian berjumlah 42 item pernyataan yang telah valid dan reliable. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling terhadap resiliensi siswa dalam menghadapi ujian akhir semester. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 97,87 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 136,75. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 15 sedangkan Jtabel = 4. Dari tabel kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 4, ɑ = 0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel dimana 15 > 4, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis diterima. Hal ini menunjukan ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling terhadap resiliensi siswa dalam menghadapi ujian akhir semester kelas VIII SMPN 1 Aek Kuo Tahun Ajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bimbingan Kelompok;Teknik Modelling |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 03:24 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53745 |