Lestari, Windy Fahmita (2021) HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2173311083 COVER.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
2. NIM 2173311083 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (633kB) | Preview
3. NIM. 2173311083 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM. 2173311083 PREFACE.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
5. NIM. 2173311083 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
6. NIM. 2173311083 LIFT OF TABLE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
7. NIM. 2173311083 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM. 2173311083 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
9. NIM. 2173311083 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (708kB) | Preview
13. NIM. 2173311083 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
14. NIM. 2173311083 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) kemampuan membaca kritis siswa
kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan, (2) kemampuan menulis teks
eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan, (3) hubungan
kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa
kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2020/2021 yang terdiri
dari 60 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu (1) kemampuan
membaca kritis siswa, dan (2) kemampuan menulis teks eksplanasi. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif.
Penelitian ini menggunakan uji prasyaratan analisis statistika, yaitu uji
homogenitas, uji normalitas, dan uji linearitas dengan menggunakan rumus
product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kemampuan
membaca kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut berada pada kualifikasi
cukup (64,58). Kedua, kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP
Negeri 3 Percut berada pada kualifikasi baik (78,8). Ketiga, hubungan
kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa
kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan tergolong cukup rentangan nilai antara
0,40-0,60 besaran korelasinya yaitu 0,43 atau 43%, dan berdasarkan hasil
pengujian hipotesis terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan
membaca kritis dengan kemampuan menulis teks eksplanasi, pada taraf signifikan
95% dengan derajat kebebasan n-1 (60-1= 59). Dengan demikian, H0 ditolak dan
H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel
yaitu 3,63>1,67. Artinya kemampuan membaca kritis sangat membantu untuk
menulis teks eksplanasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hubungan, Membaca Kritis, Teks Eksplanasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 01:39 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 01:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53735 |