ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA TATARAN MORFOLOGI TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 42 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Prihartini, Revitha (2021) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA TATARAN MORFOLOGI TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 42 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2173111035 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2173111035 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2173111035 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2173111035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2173111035 ABTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2173111035 ABTRACT.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2173111035 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2173111035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2173111035 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2173111035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2173111035 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2173111035 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2173111035 LIST OF FIGURE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2173111035 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2173111035 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2173111035 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 2173111035 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 2173111035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (535kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2173111035 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2173111035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 2173111035 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 2173111035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan morfologi yang meliputi: (1)
kesalahan pengimbuhan (afiksasi) pada teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 42
Medan, (2) kesalahan pembentukan kata ulang (reduplikasi) pada teks persuasi siswa
kelas VIII SMP Negeri 42 Medan, dan (3) kesalahan pembentukan kata majemuk
(komposisi) pada teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 42 Medan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah teks
persuasi yang ditulis oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 42 Medan tahun pembelajaran
2020/2021. Data penelitian ini adalah data berupa kesalahan kalimat yang mengandung
unsur kesalahan penulisan morfologi yang meliputi kesalahan pengimbuhan (afiksasi),
kesalahan pembentukan kata ulang (reduplikasi), dan kesalahan pembentukan kata
majemuk (komposisi). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan suatu keadaan alamiah secara mendalam dan
terperinci mengenai kesalahan penggunaan bahasa tataran morfologi pada teks persuasi
siswa kelas VIII SMP Negeri 42 Medan. Untuk menemukan dan mengklasifikasikan
kalimat yang mengandung kesalahan penggunaan bahasa tataran morfologi digunakan
teknik analisis Miles dan Huberman. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penulis sendiri (human instrument) sebagai instrumen kunci dengan
menggunakan bantuan tabel identifikasi kesalahan morfologi.
Hasil penelitian kesalahan penggunaan bahasa tataran morfologi pada teks persuasi
siswa kelas VIII SMP Negeri 42 Medan, yaitu (1) kesalahan penggunaan bahasa tataran
morfologi yang paling dominan adalah kesalahan pengimbuhan (afiksasi) sebanyak 77
kesalahan dengan persentase 41,2%. Kesalahan tersebut meliputi kesalahan prefiks
sebanyak 31 (17,9%) kesalahan, kesalahan infiks sebanyak 0 (0%) kesalahan, kesalahan
sufiks sebanyak 16 (6,7%) kesalahan, kesalahan konfiks sebanyak 7 (4,7%) kesalahan,
dan kesalahan simulfiks sebanyak 23 (11,9%) kesalahan, (2) kesalahan pembentukan
kata ulang (reduplikasi) sebanyak 33 kesalahan dengan persentase 18,5%. Kesalahan
tersebut meliputi kesalahan pengulangan seluruh sebanyak 26 (13,9%) kesalahan,
kesalahan pengulangan sebagian sebanyak 3 (2,6%) kesalahan, kesalahan pengulangan
yang berkombinasi dengan pembubuhan afiks sebanyak 2 (1,1%) kesalahan, dan
kesalahan pengulangan dengan perubahan fonem sebanyak 2 (0,9%) kesalahan, dan (3)
kesalahan pembentukan kata majemuk (komposisi) sebanyak 3 kesalahan dengan
persentase 1,2% kesalahan. Kesalahan tersebut meliputi kesalahan komposisi pada
klasifikasi KB-KB sebanyak 2 (0,8%) kesalahan dan kesalahan komposisi pada
klasifikasi KB-KS sebanyak 1 (0,4%) kesalahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis, Morfologi, Teks Persuasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 08 Jan 2024 08:13
Last Modified: 08 Jan 2024 08:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53702

Actions (login required)

View Item
View Item