Indriani, Azmi (2023) ANALISIS PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AS-SA’ADAH KELURAHAN SUKARAMAI I KECAMATAN MEDAN AREA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1183113027 COVER.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2. NIM 1183113027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 1183113027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM 1183113027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
5. NIM 1183113027 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. NIM 1183113027 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
7. NIM 1183113027 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
8. NIM 1183113027 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
9. NIM 1183113027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
13. NIM 1183113027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
14. NIM 1183113027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan yang bertujuan guna memahami kriteria, kegiatan kegiatan dan materi yang digunakan guru pada perkembangan nilai agama serta moral anak umur 5-6 tahun di RA As-sa’adah Kelurahan Sukaramai I Kecamatan Medan Area. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yang mengikutsertakan satu orang kepala sekolah dan tiga orang guru. Data dianalisis dengan teknik Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penyusunan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan
bahwasanya kriteria capaian perkembangan nilai agama dan moral anak yang diterapkan di RA As-Sa’adah terdiri dari indikator umum dan indikator khusus. Pada capaian indikator umum mayoritas anak sudah memenuhi kriteria pada setiap
indikator, sedangkan pada indikator khusus terdapat anak yang belum mampu memenuhi satu capaian indikator khusus yaitu pada bacaan sholat mayoritas anak masih membutuhkan bimbingan dari guru. Selanjutnya pada Kegiatan pengembangan nilai agama dan moral di RA As-Sa’adah terdiri dari kegiatan rutin, terintegrasi, khusus, dan kegiatan yang bersifat insidentil/spontan. Secara keseluruhan guru telah melaksanakan setiap kegiatan dengan baik, meskipun pada
pelaksanaan kegiatan rutinitas terdapat 1 kegiatan yaitu hafaln hadis pendek yang belum di RA As-Sa’adah. Sedangkan Materi dalam pengembangan nilai agama dan moral di RA As-sa’adah diantaranya mencakup nilai aqidah yaitu mengucapkan
asmaul husna dan mewarnai kaligrafi Allah, kemudian nilai ibadah yaitu bertadarus surah an-nas dan al-falaq, dan nilai akhlak yaitu adab makan dan minum serta mengucapkan kalimat thayyibah (kalimat pujian) misalnya“Bismillahirrahmanirrahim”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kriteria;Kegiatan;Materi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religions. Mythology. Rationalism L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 03:22 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53644 |