Putri, Desi Hayati (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI, SIKAP ILMIAH, DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMA NEGERI 1 SIMPANG EMPAT ASAHAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8126173002 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM 8126173002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
3. NIM 8126173002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM 8126173002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM 8126173002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM 8126173002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7. NIM 8126173002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM 8126173002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM 8126173002 BAB I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
13. NIM 8126173002 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
14. NIM 8126173002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing, investigasi kelompok, dan tradisional terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi Kehidupan Sel; (2) pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing, investigasi kelompok, dan tradisional terhadap sikap ilmiah siswa; (3) pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing, investigasi kelompok, dan tradisional terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Simpang Empat Asahan, pada kelas XI IPA semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Simpang Empat Asahan yang berjumlah 90 siswa yang terdiri dari tiga kelas paralel. Sampel yang diambil sebagai kelompok eksperimen adalah: (1) kelas XI IPA1 menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing; (2) kelas XI IPA2 menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok; dan kelas XI IPA3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran tradisional. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, angket sikap ilmiah, dan tes keterampilan proses sains siswa. Metode penelitian ini termasuk kuasi ekperimental dengan teknik analisis data Analisis Kovarian (Anacova) dan Analisis Varian (Anava) satu jalur dilanjutkan dengan uji lanjut Tukey. Teknik analisis yang digunakan dengan bantuan Microsoft excel dan SPSS 19.0. Hasil penelitian dan pengujian menunjukkan: (1) Ho1 ditolak dengan F hitung¬ = 267,73 taraf signifikansi 0,000; (2) Ho2 ditolak dengan F hitung¬ = 11,52 taraf signifikansi 0,000; dan (3) Ho3 ditolak dengan F hitung = 20,84 taraf signifikansi 0,000. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi Sel di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Simpang Empat Kabupaten Asahan; (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap sikap ilmiah siswa pada materi Sel di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Simpang Empat Kabupaten Asahan; (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi Sel di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Simpang Empat Kabupaten Asahan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Put p |
Keywords: | Hasil belajar; Inkuiri terbimbing; Investigasi kelompok; Proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 May 2016 04:04 |
Last Modified: | 23 May 2016 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5364 |