Marpaung, Ira Ningsih Agustini (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183321008 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 4183321008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
3. NIM 4183321008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4. NIM 4183321008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM 4183321008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
9. NIM 4183321008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
10. NIM 4183321008 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM 4183321008 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (935kB)
12. NIM 4183321008 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM 4183321008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
14. NIM 4183321008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
15. NIM 4183321008ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan e-modul pembelajaran fisika ber- basis problem solving pada materi momentum dan impuls serta mengetahui ke- layakan e-modul dari hasil validasi, mengetahui respon peserta didik terhadap e- modul, serta mengetahui peningkatan efektivitas e-modul terhadap berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengem- bangan, dengan model yang digunakan adalah pengembangan yaitu model ADDIE yanng terdiri dari analysis (analisis), design (desain) development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah e-modul pembelajaran fisika berbasis problem solving Pada materi momentum dan impuls. Kelayakan e-modul yang telah dilakukan oleh peneliti ber- dasarkan hasil validator oleh ahli materi mendapatkan rata-rata 93,4% dengan kata- gori sangat layak dan Hasil Validasi oleh ahli materi mendapatkan rata-rata 98,2% dengan katagori sangat layak. Tingkat validitas e-modul berbasis problem solving pada materi momentum dan impuls yang telah dikembangkan memperoleh hasil san- gat layak. Dilihat dari respon siswa uji coba kelompok kecil dengan 10 responden dengan rata-rata 88,0% kelompok besar 32 responden dengan rata-rata 90,2% dengan hasil persentasi dengan kriteria sangat baik. Respon atau tanggapan siswa terhadap e- modul berbasis problem solving pada materi momentum dan impuls yang telah dikembangkan memiliki katagori sangat baik dan Tingkat keefektivan dapat dilihat berdasarkan rata-rata yang diperoleh gain dengan skor sebesar 0,69 Tingkat keefek- tivan e-modul dalam membantu meningkatkan berpikir kritis siswa pada materi mo- mentum dan impuls yang telah dikembangkan efektif untuk digunakan oleh siswa. Dari keseluruhan nilai yang telah diperoleh maka diketahui e-modul yang dikem- bangkan layak dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | SK-2023 FIS 001 |
| Keywords: | Modul; Problem solving; Momentum; Impuls; Berpikir kritis |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 11 Dec 2023 06:44 |
| Last Modified: | 13 Oct 2025 05:01 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53637 |
