PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA

Simanjuntak, Eplin P (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183321021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183321021 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183321021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183321021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183321021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183321021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183321021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183321021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183321021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183321021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183321021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183321021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183321021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183321021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183321021 BIBLIOGRPAHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183321021 BIBLIOGRPAHY.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan modul pembelajaran fisika berbasis Problem Based Learning pada pokok bahasan usaha dan energi. Mengetahui kelayakan dari hasil validasi materi dan validasi media, serta mengetahui respon dari siswa terhadap modul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, dengan model yang digunakan yaitu model 4-D terdiri dari 4 tahap yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Hasil
dari penelitian ini yaitu sebuah modul pembelajaran fisika berbasis Problem Based Learning pada materi Usaha dan Energi. Kelayakan modul dari ahli materi diperoleh hasil persentase dari tiga aspek maka diperoleh nilai rata-rata untuk kelayakan produk bernilai 93,4% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan ahli media modul menunjukkan bahwa hasil persentase untuk setiap aspek, maka diperoleh nilai rata-rata untuk kelayakan produk dari ahli media, produk bernilai
90,8% dengan kategori sangat layak. Dilihat dari respon peserta didik dalam diperoleh hasil dari keseluruhan aspek dengan nilai rata-rata sebesar 92,5%. Dari aspek kelayakan isi diperoleh hasil 91,9%, aspek kelayakan penyajian bernilai 93,5%, aspek kesesuaian dengan PBL bernilai 92,2%. Dari keseluruhan nilai yang telah diperoleh maka diketahui modul yang dikembangkan baik untuk digunakan oleh siswa dalam kegiatan belajar. Modul yang dikembangkan menampilkan
tahapan-tahapan PBL pada materi usaha dan energi. Sumber masalah yang ditampilkan pada tahapan PBL diambil dari kegiatan yang tejadi dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan konsep materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 FIS 111
Keywords: Problem based learning; Usaha; Energi; Modul; Bahan ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:06
Last Modified: 11 Dec 2023 06:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53634

Actions (login required)

View Item
View Item