EFEKTIVITAS PENGAPLIKASIAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI POWTOON TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILL SISWA SMA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

Ramadhani, Dinda (2022) EFEKTIVITAS PENGAPLIKASIAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI POWTOON TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILL SISWA SMA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4181121018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4181121018 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4181121018 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4181121018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4181121018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4181121018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4181121018 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4181121018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4181121018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4181121018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4181121018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4181121018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4181121018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4181121018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4181121018 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4181121018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: (1) Mengetahui kemampuan HOTS siswa kelas X setelah diterapkannya model Problem Based Learning berbantuan media animasi Powtoon, (2) Mengetahui kemampuan HOTS siswa kelas X setelah diterapkannya model pembelajaran konvensional, (3) Mengetahui model pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan HOTS peserta didik kelas X, model Problem Based Learning berbantuan media animasi Powtoon atau model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimen two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X di SMA Swasta Cerdas Murni dan sampel yang digunakan adalah kelas XII MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan penggunaan soal HOTS pada pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest di kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut sebesar 37,4 dan 35,5 sedangkan rata-rata nilai postest yang diperoleh di kelas eksperimen dan kontrol sebesar 80,7 dan 75,2. Hasil rata-rata N-Gain skor di kelas eksperimen sebesar 0,70 dan masuk dalam kategori "tinggi" sedangkan di kelas kontrol, hasil rata-rata N-Gain skor sebesar 0,61 dan masuk dalam kategori "sedang". Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat peningkatan lebih baik setelah diterapkannya model Problem Based Learning berbantuan animasi Powtoon terhadap kemampuan HOTS siswa sehingga model Problem Based Learning berbantuan animasi Powtoon lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan HOTS siswa dibandingkan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 FIS 013
Keywords: Problem based learning; Powtoon; Kemampuan berpikir; Momentum; Impuls
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 11 Dec 2023 05:42
Last Modified: 11 Dec 2023 05:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53632

Actions (login required)

View Item
View Item