Ramadhani, Dinda (2022) EFEKTIVITAS PENGAPLIKASIAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI POWTOON TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILL SISWA SMA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4181121018 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM. 4181121018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3. NIM. 4181121018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. NIM. 4181121018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM. 4181121018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. NIM. 4181121018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. NIM. 4181121018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
14. NIM. 4181121018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: (1) Mengetahui kemampuan HOTS siswa kelas X setelah diterapkannya model Problem Based Learning berbantuan media animasi Powtoon, (2) Mengetahui kemampuan HOTS siswa kelas X setelah diterapkannya model pembelajaran konvensional, (3) Mengetahui model pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan HOTS peserta didik kelas X, model Problem Based Learning berbantuan media animasi Powtoon atau model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimen two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X di SMA Swasta Cerdas Murni dan sampel yang digunakan adalah kelas XII MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan penggunaan soal HOTS pada pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest di kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut sebesar 37,4 dan 35,5 sedangkan rata-rata nilai postest yang diperoleh di kelas eksperimen dan kontrol sebesar 80,7 dan 75,2. Hasil rata-rata N-Gain skor di kelas eksperimen sebesar 0,70 dan masuk dalam kategori "tinggi" sedangkan di kelas kontrol, hasil rata-rata N-Gain skor sebesar 0,61 dan masuk dalam kategori "sedang". Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat peningkatan lebih baik setelah diterapkannya model Problem Based Learning berbantuan animasi Powtoon terhadap kemampuan HOTS siswa sehingga model Problem Based Learning berbantuan animasi Powtoon lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan HOTS siswa dibandingkan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 FIS 013 |
Keywords: | Problem based learning; Powtoon; Kemampuan berpikir; Momentum; Impuls |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 05:42 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 05:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53632 |