Salsabila Ks, Dea Azzahra (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MAS MUALLIMIN UNIVA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183321010 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. NIM 4183321010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
3. NIM 4183321010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4. NIM 4183321010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
5. NIM 4183321010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM 4183321010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM 4183321010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
14. NIM 4183321010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Moodle terhadap Hasil Belajar Siswa di MAS (Madrasah Aliyah Swasta) Muallimin Univa Medan. Permasalahan yang ada di sekolah tersebut yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru dan waktu pembelajaran yang singkat mengakibatkan siswa tidak berperan aktif dalam proses pembelajaran dan lemahnya pemahaman konsep dari materi pembelajaran yang diberikan oleh guru. Digunakannya model pembelajaran ini agar siswa mampu menemukan informasi dan memahami konsep pembelajaran secara mandiri berdasarkan kemampuan yang dimilikinya. Menurut Bruner (Lefancois dalam Emetembun, 1986:103) Model Discovery Learning didefenisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila siswa tidak diberikan dalam bentuk akhirnya (finalnya), tetapi diharapkan mengorganisasi sendiri. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model Discovery Learning Berbantuan Moodle untuk melihat apakah ada pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi exsperiment dengan desain two group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh atau bisa disebut dengan istilah sensus, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Kelas yang menjadi sampel dari penelitian ini adalah kelas XI-MIA 3 sebagai kelas kontrol dan XI-MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang mana dari masing-masing kelas beranggotakan 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen tes berupa soal pilihan berganda untuk menilai hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Rata-rata pretest kelas eskperimen diperoleh 26,03 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol diperoleh 25,82. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen diperoleh 78,33 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol diperoleh 71,03. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Moodle terhadapa hasil belajar fisika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 FIS 014 |
Keywords: | Discovery learning; Moodle; E-learning; Dinamika rotasi; Kesetimbangan benda tegar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 05:21 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 05:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53630 |