PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MAS MUALLIMIN UNIVA MEDAN

Salsabila Ks, Dea Azzahra (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MAS MUALLIMIN UNIVA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183321010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183321010 COVER.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183321010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183321010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183321010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183321010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183321010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183321010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183321010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183321010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183321010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183321010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183321010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183321010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183321010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183321010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Moodle terhadap Hasil Belajar Siswa di MAS (Madrasah Aliyah Swasta) Muallimin Univa Medan. Permasalahan yang ada di sekolah tersebut yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru dan waktu pembelajaran yang singkat mengakibatkan siswa tidak berperan aktif dalam proses pembelajaran dan lemahnya pemahaman konsep dari materi pembelajaran yang diberikan oleh guru. Digunakannya model pembelajaran ini agar siswa mampu menemukan informasi dan memahami konsep pembelajaran secara mandiri berdasarkan kemampuan yang dimilikinya. Menurut Bruner (Lefancois dalam Emetembun, 1986:103) Model Discovery Learning didefenisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila siswa tidak diberikan dalam bentuk akhirnya (finalnya), tetapi diharapkan mengorganisasi sendiri. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model Discovery Learning Berbantuan Moodle untuk melihat apakah ada pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi exsperiment dengan desain two group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh atau bisa disebut dengan istilah sensus, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Kelas yang menjadi sampel dari penelitian ini adalah kelas XI-MIA 3 sebagai kelas kontrol dan XI-MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang mana dari masing-masing kelas beranggotakan 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen tes berupa soal pilihan berganda untuk menilai hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Rata-rata pretest kelas eskperimen diperoleh 26,03 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol diperoleh 25,82. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen diperoleh 78,33 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol diperoleh 71,03. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Moodle terhadapa hasil belajar fisika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 FIS 014
Keywords: Discovery learning; Moodle; E-learning; Dinamika rotasi; Kesetimbangan benda tegar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 11 Dec 2023 05:21
Last Modified: 11 Dec 2023 05:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53630

Actions (login required)

View Item
View Item