Dongoran, Herawati (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI MAN 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136174013 JUDUL. pdf.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 8136174013 LEMBAR PENGESAHAN. doc.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
3. NIM. 8136174013 ABSTRAK-ABSTRACT. pdf.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4. NIM. 8136174013 KATA PENGANTAR. pdf.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. NIM. 8136174013 DAFTAR ISI. pdf.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. NIM. 8136174013 DAFTAR TABEL. pdf.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 8136174013 DAFTAR GAMBAR. pdf.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 8136174013 DAFTAR LAMPIRAN. pdf.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM. 8136174013 BAB I PENDAHULUAN. pdf.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
13. NIM. 8136174013 BAB V KESIMPULAN. pdf.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM. 8136174013 DAFTAR PUSTAKA. pdf.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta interaksi model pembelajaran dan self efficacy terhadap: (1) Kemampuan pemecahan masalah; dan (2) Keterampilan proses sains siswa kelas XI di MAN 1 Medan. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas dari 6 kelas XI IPA yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan proses sains siswa dalam bentuk tes uraian, dan nontes berupa angket self efficacy. Teknik analisis menggunakan statistik deksriptif dan Statistic Inferensial Parametric atau Multivariate Analysis of Variance (MANAVA) dengan taraf signifikan 5% dengan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah (p=0,024<0,05); (2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap keterampilan proses sains (p=0,000<0,05); (3) Ada pengaruh yang signifikan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah (p=0,000<0,05); (4) Ada pengaruh yang signifikan self efficacy terhadap keterampilan proses sains (p=0,000<0,05); (5) Ada interaksi yang signifikaan antara model pembelajaran dan self efficacy siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah (p=0,004<0,05); dan (6) Ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan self efficacy siswa terhadap keterampilan proses sains (p=0,001<0,05). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran dan self efficacy pada materi sistem ekskresi dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, dan keterampilan proses sains siswa di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 573.490 712 Don p |
Keywords: | Proses sains; Problem based learning; Pembelajaran konvensional; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 May 2016 03:59 |
Last Modified: | 23 May 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5363 |