Rahmi, Aulia (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMENT TES HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERBASIS KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183321015 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2. NIM 4183321015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (680kB) | Preview
3. NIM 4183321015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4. NIM 4183321015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
5. NIM 4183321015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM 4183321015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
13. NIM 4183321015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
14. NIM 4183321015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
15. NIM 4183321015 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan instrumen tes berbasis pemecahan masalah pada materi suhu dan kalor yang telah dilakukan bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan instrumen tes yang dilihat dari validitas, realibilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan respon siswa terhadap
instrumen yang diberikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Reseach and Development (R&D) dengan model ADDIE yakni, Analisys, Design, Develop, Implement, Evaluate, yang dibatasi sampai implement. Subjek pada penelitian ini diambil secara random sampling yaitu siswa/i kelas XI IPA yang berjumlah 30 siswa/i. Instrumen tes disusun dalam bentuk uraian mengacu pada indikator soal dan aspek pemecahan masalah. Hasil validitas isi menyatakan bahwa 10 soal yang dikembangkan berada dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian, instrumen tes berbasis HOTS telah memenuhi kriteria analisis butir soal yang baik
seperti validitas memiliki 80% soal valid dan 20% tidak valid dengan realibilitas yang memiliki kategori sangat tinggi. Tingkat kesukaran memiliki 30% kategori mudah, 10% kategori sukar, dan 60% kategori sedang. Daya beda butir soal memiliki persentase 20% soal memiliki daya beda baik, 30% kategori cukup dan 50% kategori jelek. Hasil angket respon siswa terhadap soal yang dikembangkan 78,1% termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan instrumen tes HOTS ini layak digunakan untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah pada materi suhu dan kalor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 FIS 011 |
Keywords: | Instrumen tes; Pemecahan masalah; Kemampuan berpikir; Suhu; Kalor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 05:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 05:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53629 |