Sitanggang, Afridayani (2022) PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173321002 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 4173321002 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
3. NIM 4173321002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM 4173321002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM 4173321002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
9. NIM 4173321002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
13. NIM 4173321002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
14. NIM 4173321002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dari pembelajaran berbasis masalah menggunakan multirepresentasi terhadap keterampilan pemecahan masalah dan pemahaman konsep fisika pada materi gelombang cahaya di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan design two group pretest-posstest populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 150 siswa dan terdiri menjadi 5 kelas. Pengambilan sampel adalah dengan teknil random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran secara konvensional, dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran berbasis masalah menggunakan multirepresentasi. Instrumen yang digunakan adalah pilihan ganda untuk mengukur pemahaman konsep, dan uraian untuk mengukur pemecahan masalah. Instrumen soal pilihan ganda sebanyak 20 dan telah divalidasi dan soal uraian sebanyak 8 dan telah divalidasi. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest pemahaman konsep kelas kontrol 43,00 dan kelas eksperimen 45,83. Dan data pretes pemecahan masalah kelas kontrol 40,65 dan kelas eksperimen 41,27, kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Nila rata-rata postes kelas kontrol dan eksperimen pemahaman konsep yaitu 70,33 dan 80,17 sementara untuk pemecahan masalah yaitu 71,33 dan 79,65. Kedua kelas memiliki data berdistribusi normal dan homogen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 FIS 020 |
Keywords: | Multirepresentasi; Gelombang cahaya; Problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 10:05 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 10:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53623 |