Utami, Yusni (2022) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERDASARKAN TAHAPAN HEURISTIK POLYA DI SMP NEGERI 15 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183311025 COVER.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
2. NIM 4183311025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
3. NIM 4183311025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM 4183311025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
5. NIM 4183311025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
9. NIM 4183311025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
13. NIM 4183311025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
14. NIM 4183311025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
Abstract
Dalam menyelesaikan soal matematika khususnya soal matematika berbasis HOTS siswa sering kali mengalami kesulitan untuk menyelesaikannya, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis HOTS dengan cara mendeskripsikan kesulitan dan faktor yang mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesikan soal matematika berbasis HOTS dengan menggunakan tahapan Heuristik Polya. Adapun tahapan Heuristik Polya dalam menyelesaikan soal yaitu: (1) Understanding The Problem (Pemahaman terhadap permasalahan); (2) Devising A Plan (Menyusun Rencana); (3) Carrying Out The Plan (Melaksanakan perencanaan) dan (4) Looking Back (Melihat kembali penyelesaian). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa, faktor kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaian soal matematika berbasis HOTS dan mendeskripsikan jawaban siswa berdasarkan Tahapan Heuristik Polya. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 15 Medan yang berjumlah 31 Siswa. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulam data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi sebanyak 6 (10%) siswa, sedangkan siswa berkemampuan sedang terdapat 16 (52%) siswa, untuk siswa berkemampuan rendah terdapat 9 (29%) siswa. Siswa yang berkemampuan tinggi mampu memenuhi tahapan Heuristik Polya secara menyeluruh, siswa kemampuan sedang mampu memenuhi tahapan Heuristik Polya tetapi tidak secara menyeluruh, siswa dengan tingkat kemampuan rendah tidak memenuhi tahapan Heuristik Polya secara menyeluruh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 080 |
Keywords: | Kesulitan siswa; Soal matematika; Kemampuan berpikir; Pola bilangan; Tahapan heuristik polya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 08:10 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 08:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53614 |