Ginting, Yenny Farida (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI PROGRAM LINIER DUA VARIABEL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4162111025 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 4162111025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
3. NIM 4162111025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
4. NIM 4162111025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. NIM 4162111025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
9. NIM 4162111025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
13. NIM 4162111025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
14. NIM 4162111025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kevalidan pembelajaran matematika berbantuan geogebra yang dikembangkan pada materi program linear; dan (2) mengetahui kepraktisan pembelajaran matematika berbantuan geogebra yang dikembangkan pada materi program linear. Model pengambangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah model Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation (ADDIE). Penelitian ini akan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Juhar yang berlokasi di Desa Juhar, Kecamatan Juhar, Kabupaten Karo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Juhar semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Sedang objek penelitian ini adalah media pembelajaran matematika berbantuan geogebra pada materi program linear. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Validitas perangkat pembelajaran matematika berbantuan GeoGebra pada materi program linier dua variabel yang dikembangkan diperoleh melalui validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan rata-rata skor 4,57 dan termasuk dalam kategori valid, dan validasi Lembar Aktivitas Siswa (LAS) diperoleh dengan rata-rata skor 4.23 dan termasuk dalam kategori valid; dan (2) Kepraktisan perangkat pembelajran matematika berbantuan GeoGebra pada materi program linier dua variabel diperoleh keterlaksanaan pembelajaran I diperoleh 86.67%, hasil keterlaksanaan pembelajaran II diperoleh 86.67%, hasil keterlaksanaan pembelajaran III diperoleh 80%. Maka rata-rata persentase dari keterlaksanaan pembelajaran dikelas 84.44% dengan katrgori baik. Dan hasil respon siswa terhadap LAS yang telah dikembangkan diperolah persentase 84.85% dengan kategori sangat praktis, maka dapat disimpulkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 053 |
Keywords: | Geogebra; Program linier dua variabel; Perangkat pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 04:12 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53612 |