Rezki, Windi (2022) META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4151111108 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
2. NIM 4151111108 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
3. NIM 4151111108 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. NIM 4151111108 PREFACE.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. NIM 4151111108 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. NIM 4151111108 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
13. NIM 4151111108 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM 4151111108 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir matematis secara keseluruhan, (2) Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir matematis berdasarkan jenjang pendidikan, (3) Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir matematis berdasarkan kemampuan berpikir matematis yang diukur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah artikel pada jurnal nasional ataupun internasional dengan rentang tahun 2018 sampai dengan 2022. Penelitian ini menggunakan metode meta
analisis. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dan didapatkan 15 artikel jurnal yang sesuai dengan kriteria. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dengan bantuan software publish or perish. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis besaran pengaruh Cohen’s d effect size. Hasil meta analisis menunjukkan bahwa: (1) Secara umum, model pembelajaran kooperatif tipe
Think Pair Share memberikan pengaruh yang besar terhadap peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa dengan rata-rata effect size sebesar 1,051. (2) Berdasarkan jenjang pendidikan, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share memiliki pengaruh yang besar terhadap kemampuan berpikir matematis siswa pada tingkat SMA/SMK/MA lebih tinggi daripada tingkat SMP/MTs dengan nilai rata-rata effect size sebesar 1,343. (3) Berdasarkan kemampuan berpikir matematis yang diukur, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share memiliki pengaruh yang besar terhadap kemampuan komunikasi matematis dengan nilai rata-rata effect size sebesar 1,656.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 034 |
Keywords: | Berpikir matematis; Think pair share; Meta analisis; Pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 03:50 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53610 |