Kesuma, Ummu Habibah Hadi (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI KELAS X MAS PAB 2 HELVETIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4181111041 COVER.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
2. NIM. 4181111041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
3. NIM. 4181111041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 4181111041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
5. NIM. 4181111041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
9. NIM. 4181111041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. NIM. 4181111041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM. 4181111041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan geogebra di kelas X MAS PAB 2 Helvetia tahun ajaran 2022/2023. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diartikan sebagai suatu kemampuan kognitif siswa dalam memahami materi, memproses materi, menjelaskan serta mengaplikasikannya dalam pembelajaran matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 MAS PAB 2 Helvetia yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru, tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum melakukan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan disetiap akhir siklus diberikan tes
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa mengalami peningkatan dari tes awal, siklus I, dan siklus II. Pada tes awal secara klasikal diperoleh 5 siswa (13,89%) tuntas dan
rata-rata kemampuan tes awal adalah 53,99 dengan tingkat kemampuan kategori sangat rendah. Pada tes siklus I mengalami peningkatan secara klasikal diperoleh 4 siswa (44,4%) tuntas dan rata-rata kemampuan diperoleh 64,40 dengan tingkat kemampuan kategori rendah. Kemudian pada tes siklus II mengalami peningkatan pula secara klasikal diperoleh 33 siswa (91,67%) tuntas dan rata-rata kemampuan
diperoleh 88,02 dengan tingkat kemampuan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan geogebra dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X MAS PAB 2 Helvetia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 019 |
Keywords: | Pemahaman konsep matematis; Think talk write; Pembelajaran kooperatif; Geogebra; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 08:29 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 08:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53605 |