Pintauli, Sinarta (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK BERBANTUAN EDUTAINMENT DI KELAS X SMA NEGERI 1 TARABINTANG TA.2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183111081 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. NIM 4183111081 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
3. NIM 4183111081 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM 4183111081 PREFACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM 4183111081 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM 4183111081 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
13. NIM 4183111081 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
14. NIM 4183111081 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menerapkan model pembelajaran LAPS-Heuristik berbantuan Edutainment pada materi Trigonometri siswa kelas X SMA Negeri 1 Tarabintang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Tarabintang pada semester genap yang berjumlah 23 orang. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran LAPS-Heuristik berbantuan Edutainment pada materi trigonometri. Penelitian dilakukan selama 2 siklus dan diberikan tes kemampuan pemecahan masalah di setiap akhir siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, lembar observasi, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan peserta didik pada materi trigonometri saat diterapkan model pembelajaran LAPS-heuristik, dan lembar observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh peneliti saat diterapkan model pembelajaran LAPS-heuristik. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran yang dilaksanakan mengalami peningkatan, dimana berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran untuk siklus I yaitu 2,91 yang sudah berada pada kategori baik dan siklus II yaitu 3,38 berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tes juga mengalami peningkatan, dimana pada tes kemampuan pemecahan masalah I di siklus I persentase ketuntasan belajar klasikal siswa hanya 73,91% (17 siswa) dengan rata-rata nilai siswa adalah 71,97 dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar klasikal siswa menjadi 91,30% (21 siswa) dengan rata-rata nilai siswa adalah 84,53. Sehingga peserta didik sudah memenuhi persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 85% dan kriteria ketuntasan minimal sebesar 65. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran LAPS-Heuristik pada materi trigonometri di kelas X MIA SMA Negeri 1 Tarabintang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 047 |
Keywords: | Edutainment; Pemecahan masalah matematika; LAPS-Heuristik; Trigonometri; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 04:46 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53601 |