Ayunda, Sekar (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4171111049 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
2. NIM 4171111049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
3. NIM 4171111049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
4. NIM 4171111049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
5. NIM 4171111049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
9. NIM 4171111049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
13. NIM 4171111049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
14. NIM 4171111049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran Discovery berbasis Information and Communication Technology (ICT) dalam mengembangkan lebih lanjut kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Swasta Rizki Ananda, khususnya pada materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama dua siklus. Subjek pada riset ini yaitu siswa kelas VIII yang berjumlah 18 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan dalam memahami masalah, memutuskan rencana penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan menarik kesimpulan. Skor tes kemampuan pemecahan masalah pada siklus I secara klasikal diperoleh 44,44% tuntas dengan rata-rata nilai 63,89, pada siklus II meningkat menjadi 88,89% dengan rata-rata nilai 76,30. Data yang telah diperoleh pada riset ini sudah memenuhi kriteria keberhasilan. Dengan demikian penelitian dihentikan. Berdasarkan hasil penelitian ini dinyatakan bahwa penerapan model Discovery Learning berbasis Information and Communication Technology (ICT) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Swasta Rizki Ananda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 091 |
Keywords: | Pemecahan masalah; Discovery learning; Persamaan linear dua variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 08:57 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53594 |