Saragih, Sebrina (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 4153311036 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2.NIM. 4153311036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
3.NIM. 4153311036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4.NIM. 4153311036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
5.NIM. 4153311036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
9.NIM. 4153311036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
13.NIM. 4153311036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
14.NIM. 4153311036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, kepraktisan, efektivitas, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa serta proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis (Analysis), perancangan (Design), pengembangan (Development), pengimplementasi (Implementation), dan pengevaluasian (Evaluation). Subjek yang digunakan dalam penilitian ini adalah siswa/I kelas VII SMP Swasta Gajah Mada Medan sebanyak 20 orang. Berdasarkan hasil analisis data pada uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) LKPD berbasis PBL yang dikembangkan valid dengan rata-rata total 4,26 dan validasi RPP sebesar 4,44 tergolong valid; 2) Kepraktisan LKPD berbasis PBL adalah praktis terdiri dari angket respon siswa sebesar 3,35, angket respon guru sebesar 3,4 tergolong praktis; 3) Efektivitas LKPD berbasis PBL terdiri dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal berdasarkan hasil pretest uji coba I sebesar 45% dan postest uji coba II sebesar 85% dimana tergolong meningkat dan besar peningkatan berdasarkan N-gain yaitu 0,45 dantergolong dalam kriteria sedang dan ketercapaian indikator pembelajaran pada uji coba I tidak tercapai sedangkan pada uji coba II tercapai, serta kemampuan guru mengelola pembelajaran tergolong cukup baik dengan penilaian rata-rata sebesar 3,25; 4) proses jawaban siswa pada uji coba pretest dan uji coba postest menunjukkan pencapaian indikator keterampilan pemecahan masalah matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 006 |
Keywords: | Problem based learning; Pemecahan masalah matematis; Lembar kerja peserta didik; Bilangan bulat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 08:50 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 08:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53593 |