Sipayung, Robin Raja Salomon (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4171111045 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. NIM 4171111045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
3. NIM 4171111045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. NIM 4171111045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM 4171111045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
9. NIM 4171111045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
13. NIM 4171111045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
14. NIM 4171111045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Penelitian ini termasuk dalam kategori eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan dengan sampel kelas VIII-Terpadu 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-Terpadu 2 sebagai kelas control yang dipilih dengan metode random sampling. Pada kelas eksperimen diberikan pembelajaran berbasis masalah sedangkan pada kelas control diberikan pembelajaran langsung/konvensional. Instrumen tes yang digunakan berupa soal uraian berjumlah 3 soal kemampuan berpikir kritis matematis yang telah dinyatakan valid. Berdasarkan data posttest, kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,08 dan nilai rata-rata padaa kelas control sebesar 77,06. Melalui analisis uji statistik data terbukti berdistribusi normal dan homogen sehingga dilakukan uji hipotesis. Hasil dari uji hipotesis menggunakan uji independent Samples Test diperoleh hasil Sig (2-tailed) yaitu sebesar 0,001 hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang merujuk bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Untuk memperkuat hasil uji maka dilakukan uji t satu pihak yang menunjukkan nilai t_hitung>t_tabel (4,840>1.671) pada taraf nyata a =0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 024 |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Berpikir kritis; Pola bilangan; Pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 07:56 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53589 |