PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP SWASTA IMELDA MEDAN

Zamsari, Putri (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP SWASTA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4183311006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4183311006 COVER.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4183111107 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4183111107 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4183311006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4183311006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4183311006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4183311006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4183311006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4183311006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4183311006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4183311006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4183311006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4183311006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4183311006 BIBLIORGAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4183311006 BIBLIORGAPHY.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMP Swasta Imelda Medan diperoleh informasi bahwa siswa kurang diberi kesempatan untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalahnya dan dalam pembelajaran di kelas siswa tidak diajarkan dengan model pembelajaran. Akibatnya siswa tidak dapat mengekspresikan pemikirannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Swasta Imelda Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Imelda Medan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Imelda Medan. Sampel penelitian ini diambil dengan metode cluster random sampling, dengan desain penelitian post-test only control group. Kelas eksperimen menggunakan model problem based learning sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran biasa dan kedua kelas diberikan materi sistem persamaan linear dua variabel. Analisis setelah diberikan perlakuan menunjukkan kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menunjukkan hasil thitung 5,459 > ttabel 2,074, dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol. Untuk melihat seberapa besar pengaruh dilakukan menggunakan effect size yang menunjukkan nilai d = 1,608 sehingga diketahui besarnya pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 94,5%. Hal ini dapat membuktikan hipotesis bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model problem based learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 251
Keywords: Problem based learning; Kemampuan pemecahan masalah; Sistem persamaan linear dua variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Nov 2023 09:01
Last Modified: 23 Nov 2023 09:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53585

Actions (login required)

View Item
View Item