Zamsari, Putri (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP SWASTA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183311006 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
2. NIM. 4183111107 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
3. NIM. 4183311006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 4183311006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
5. NIM. 4183311006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM. 4183311006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
13. NIM. 4183311006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
14. NIM. 4183311006 BIBLIORGAPHY.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di SMP Swasta Imelda Medan diperoleh informasi bahwa siswa kurang diberi kesempatan untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalahnya dan dalam pembelajaran di kelas siswa tidak diajarkan dengan model pembelajaran. Akibatnya siswa tidak dapat mengekspresikan pemikirannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Swasta Imelda Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Imelda Medan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Imelda Medan. Sampel penelitian ini diambil dengan metode cluster random sampling, dengan desain penelitian post-test only control group. Kelas eksperimen menggunakan model problem based learning sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran biasa dan kedua kelas diberikan materi sistem persamaan linear dua variabel. Analisis setelah diberikan perlakuan menunjukkan kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menunjukkan hasil thitung 5,459 > ttabel 2,074, dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol. Untuk melihat seberapa besar pengaruh dilakukan menggunakan effect size yang menunjukkan nilai d = 1,608 sehingga diketahui besarnya pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 94,5%. Hal ini dapat membuktikan hipotesis bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model problem based learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 251 |
Keywords: | Problem based learning; Kemampuan pemecahan masalah; Sistem persamaan linear dua variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 09:01 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 09:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53585 |