Hawari, Nur Wasilah (2022) UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA KELAS IX SMP AL-WASHLIYAH 34 BANDAR TINGGI MELALUI TEORI BELAJAR VAN HIELE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183111067 COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
2. NIM 4183111067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
3. NIM 4183111067 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4. NIM 4183111067 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM 4183111067 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
9. NIM 4183111067 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
13. NIM 4183111067 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
14. NIM 4183111067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Dalam mengatasi permasalahan yang ada di sekeliling kita, kemampuan spasial sangat perlu dikembangkan karena berguna untuk pemahaman siswa terhadap relasi dan sifat-sifat geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan spasial siswa melalui teori belajar Van Hiele pada siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek pada penelitian ini sebanyak 23 siswa kelas IX SMP Al-Washliyah 34 Bandar Tinggi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan spasial dan dokumentasi. Tes kemampuan spasial digunakan untuk mengetahui perkembangan kemampuan spasial siswa sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengamati proses keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan peneliti saat diterapkannya teori belajar Van Hiele. Hasil penelitian dengan penerapan teori belajar Van Hiele, kemampuan spasial siswa mengalami perkembangan. Dilihat berdasarkan hasil tes kemampuan spasial siswa pada tiap siklus, pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 26,09 % (6 siswa) dengan nilai rata-rata sebesar 63,03 dengan nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 85 sedangkan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 82,61% (19 siswa) dengan nilai rata-rata pada kemampuan spasial siswa pada siklus II sebesar 84,13 dengan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 100. Dengan adanya peningkatan rata – rata kemampuan spasial siswa dari siklus 1 ke siklus 2, jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan teori belajar Van Hiele dapat mengembangkan kemampuan spasial siswa di kelas IX SMP Al-Washliyah 34 Bandar Tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 247 |
Keywords: | Kemampuan spasial; Kemampuan berpikir; Geometri; Teori van hiele |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 08:43 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53583 |