Tanjung, Mila Sari (2022) PENGARUH PENGGUNAAN PROGRAM GEOGEBRA TERHADAP PENALARAN SISWA DALAM MATERI MENENTUKAN JARAK TITIK KE GARIS PADA RUANG DIMENSI TIGA UNTUK SISWA KELAS X MAN 2 TAPANULI TENGAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4181111021 COVER.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
2. NIM. 4181111021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
3. NIM. 4181111021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
4. NIM. 4181111021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
5. NIM. 4181111021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
9. NIM. 4181111021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
13. NIM. 4181111021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
14. NIM. 4181111021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan penalaran siswa dengan menggunakan program geogebra dan kemampuan penalaran siswa tanpa menggunakan program geogebra. Penelitian eksperimen adalah salah satu penelitian kuantitatif dimana peneliti memanipulasi satu atau lebih variable bebas, mengontrol variabel lain yang relevan, dan mengamati efek dari manipulasi pada variabel terikat. Siswa dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-IPA1 (kelas eksperimen) dan X-IPA2 (kelas kontrol) yang berjumlah masing-masing 36 siswa. Lembar tes kemampuan penalaran digunakan untuk mengumpulkan data. Tes kemampuan penalaran dilaksanakan dua kali yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan program geogebra yang sering disebut dengan PreTest dan PostTest. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan program geogebra berpengaruh terhadap penalaran siswa, hal ini disebabkan program geogebra mempermudah siswa membayangkan bentuk ruang dimensi tiga secara nyata, diperkuat dengan hasil nilai signifikasi lebih kecil dari nilai alpha (0,05). Selain itu, terdapat perbedaan secara signifikan antara kemampuan penalaran siswa dengan menggunakan program Geogebra dan kemampuan penalaran siswa tanpa menggunakan program Geogebra, hal ini dapat dilihat dari hasil nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0,001 yang berarti nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Penggunaan program geogebra berpengaruh terhadap penalaran siswa dalam materi menentukan jarak titik ke garis pada ruang dimensi tiga untuk siswa kelas X MAN 2 Tapanuli Tengah, sesuai dengan temuan penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 250 |
Keywords: | Penalaran siswa; Geogebra; Ruang dimensi tiga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 03:10 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53577 |