PENGARUH PENGGUNAAN PROGRAM GEOGEBRA TERHADAP PENALARAN SISWA DALAM MATERI MENENTUKAN JARAK TITIK KE GARIS PADA RUANG DIMENSI TIGA UNTUK SISWA KELAS X MAN 2 TAPANULI TENGAH

Tanjung, Mila Sari (2022) PENGARUH PENGGUNAAN PROGRAM GEOGEBRA TERHADAP PENALARAN SISWA DALAM MATERI MENENTUKAN JARAK TITIK KE GARIS PADA RUANG DIMENSI TIGA UNTUK SISWA KELAS X MAN 2 TAPANULI TENGAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4181111021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4181111021 COVER.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4181111021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4181111021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4181111021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4181111021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4181111021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4181111021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4181111021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4181111021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4181111021 LIST OF FIGURES.pdf] Text
6. NIM. 4181111021 LIST OF FIGURES.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 7. NIM. 4181111021 LIST OF TABLES.pdf] Text
7. NIM. 4181111021 LIST OF TABLES.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 8. NIM. 4181111021 LIST OF APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 4181111021 LIST OF APPENDICES.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 9. NIM. 4181111021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4181111021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4181111021 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 4181111021 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM. 4181111021 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 4181111021 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[thumbnail of 12. NIM. 4181111021 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 4181111021 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[thumbnail of 13. NIM. 4181111021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4181111021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4181111021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4181111021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4181111021 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM. 4181111021 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan penalaran siswa dengan menggunakan program geogebra dan kemampuan penalaran siswa tanpa menggunakan program geogebra. Penelitian eksperimen adalah salah satu penelitian kuantitatif dimana peneliti memanipulasi satu atau lebih variable bebas, mengontrol variabel lain yang relevan, dan mengamati efek dari manipulasi pada variabel terikat. Siswa dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-IPA1 (kelas eksperimen) dan X-IPA2 (kelas kontrol) yang berjumlah masing-masing 36 siswa. Lembar tes kemampuan penalaran digunakan untuk mengumpulkan data. Tes kemampuan penalaran dilaksanakan dua kali yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan program geogebra yang sering disebut dengan PreTest dan PostTest. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan program geogebra berpengaruh terhadap penalaran siswa, hal ini disebabkan program geogebra mempermudah siswa membayangkan bentuk ruang dimensi tiga secara nyata, diperkuat dengan hasil nilai signifikasi lebih kecil dari nilai alpha (0,05). Selain itu, terdapat perbedaan secara signifikan antara kemampuan penalaran siswa dengan menggunakan program Geogebra dan kemampuan penalaran siswa tanpa menggunakan program Geogebra, hal ini dapat dilihat dari hasil nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0,001 yang berarti nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Penggunaan program geogebra berpengaruh terhadap penalaran siswa dalam materi menentukan jarak titik ke garis pada ruang dimensi tiga untuk siswa kelas X MAN 2 Tapanuli Tengah, sesuai dengan temuan penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 250
Keywords: Penalaran siswa; Geogebra; Ruang dimensi tiga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:10
Last Modified: 14 Oct 2025 08:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53577

Actions (login required)

View Item
View Item